Peran Kompetensi Pedagogik Guru Fiqih Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di Kelas VIII MTs Sabilul Muttaqin Margoagung Sumberrejo Bojonegoro)

Rahmawati, Hafitza (2022) Peran Kompetensi Pedagogik Guru Fiqih Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di Kelas VIII MTs Sabilul Muttaqin Margoagung Sumberrejo Bojonegoro). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932128618_Prabab.pdf

Download (687kB)
[img] Text
932128618_bab 1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
932128618_bab 2.pdf

Download (336kB)
[img] Text
932128618_bab 3.pdf

Download (144kB)
[img] Text
932128618_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
932128618_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
932128618_bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text
932128618_daftar pustaka.pdf

Download (142kB)
[img] Text
932128618_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img] Text
932128618_surat pernyataan.pdf

Download (181kB)

Abstract

Peran kompetensi Pedagogik guru sangat penting untuk mempelajari tentang cara membimbing anak, mendidik anak sesuai dengan perkembangan, guru sebagai kreator dalam pembelajaran dan dijadikan tokoh teladan. Seorang guru perlu memiliki kepribadian untuk menguasai bahan pelajaran dan menguasai cara-cara mengajar sebagai kompetensi. Kompetensi pedagogik dalam mengajar harus dimiliki oleh seorang guru yang merupakan keterampilan dalam mengelola pembelajaran. Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Kompetensi Pedagogik guru fiqih di MTs Sabilul Muttaqin Margoagung Sumberrejo Bojonegoro?, (2) Bagaimana Kualitas hasil belajar melalui kompetensi pedagogik guru fiqih pada siswa kelas VIII MTs Sabilul Muttaqin Margoagung Sumberrejo Bojonegoro?. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dan mengambil lokasi di MTs Sabilul Muttaqin Margoagung Sumberrejo Bojonegoro. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Mengenai analisis data peneliti menggunakan 3 cara yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketentuan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa kompetensi pedagogik guru fiqih menurut kriteria kompetensi pedagogik ada 8 yaitu pemahaman wawasan pendidikan, pemahaman peserta didik, pengembangan kurikulum, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik, pemanfatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi. Dari 8 kriteria, guru fiqih memenuhi 7 dari 8 kriteria kompetensi pedagogik yang menyebabkan kompetensi pedagogik berperan dalam hasil belajar siswa dan dalam kehidupan peserta didik serta hasil belajar memiliki persentase kelulusan terhadap KKM senilai 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hafitza Rahmawati
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:52
Last Modified: 19 Jul 2022 03:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5085

Actions (login required)

View Item View Item