Upaya Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kediri

Ana, Asih Dwi (2022) Upaya Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932122818_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932122818_bab1.pdf

Download (166kB)
[img] Text
932122818_bab2.pdf

Download (302kB)
[img] Text
932122818_bab3.pdf

Download (151kB)
[img] Text
932122818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
932122818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
932122818_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
93212818_daftarpustaka.pdf

Download (129kB)
[img] Text
932122818_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932122818_suratpernyataan.pdf

Download (569kB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang terjadi pada pembelajaran yaitu SKI, membuat guru Sejarah Kebudayaan Islam merasa perlu melakukan upaya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Peneliti tertarik untuk meneliti upaya guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 1 Kediri; 2) Mengetahui hambatan yang dihadapi guru pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 1 Kediri; dan 3) Untuk mengetahui upaya guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 1 Kediri. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya berupa studi kasus. Metode pengumpulan datanya: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga cara yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan cara memberikan nilai, menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, memberikan penghargaan atau reward dan memberikan penugasan yang sifatnya mendidik; 2) Hambatan yang dihadapi guru pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk meningkatkan motivasi belajar siswa fasilitas atau sarana prasarana yang kurang, pengaruh dari siswa sendiri seperti kurang minat terhadap mapel SKI, serta malas untuk belajar, dan menganggap bahwa mata pelajaran SKI itu sulit sehingga mengakibatkan siswa menjadi bosan karena banyak cerita; dan 3) Upaya guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberi penugasan melalui Unit Kegiatan Belajar Mandiri, melakukan pengadaan sarana yang lebih memadai dengan menambah jumlah LCD. Menangani anak-anak yang motivasi belajarnya rendah melalui Wali Kelas dan guru BK.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asih Dwi Ana
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:06
Last Modified: 19 Jul 2022 03:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5081

Actions (login required)

View Item View Item