Pengembangan Multimedia Interaktif Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Saintifik Di SMPN 1 Patianrowo

Rani, Rosa Fachma (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Saintifik Di SMPN 1 Patianrowo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932305118_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932305118_bab1.pdf

Download (442kB)
[img] Text
932305118_bab2.pdf

Download (595kB)
[img] Text
932305118_bab3.pdf

Download (385kB)
[img] Text
932305118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932305118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
932305118_daftarpustaka.pdf

Download (426kB)
[img] Text
932305118_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
932305118_suratpernyataan.pdf

Download (107kB)

Abstract

Matematika merupakan materi pembelajaran yang sangat penting, sehingga selalu dipelajari oleh siswa baik yang berada pada jenjang anak usia dini bahkan dibangku kuliah sekalipun. Namun, stigma negatif matematika mengenai tingkat kesulitan, keabstrakan, kerumitan, bahkan membosankan membuat siswa menyerah ketika menemukan sedikit kesulitan dalam mempelajari matematika. Salah satu solusi mengatasi hal tersebut dapat dengan menggunakan teknologi dalam pembelajaran yaitu berupa multimedia interaktif. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu mengembangkan multimedia interaktif bangun ruang sisi datar berbasis saintifik yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dan Model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk dikembangkan berbantuan software Articulate Storyline 3. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli praktisi, angket respon siswa dan tes hasil belajar siswa berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan produk mendapatkan kriteria sangat valid atau sangat layak dengan rata-rata skor 87,1% dari ahli media dan 92,2% dari ahli materi. Kepraktisan produk mendapatkan kriteria sangat praktis dengan rata-rata skor 90,2% dari ahli praktisi. Keefektifan produk dihitung dengan rumus n-gain, diperoleh 0,67 pada uji coba skala kecil dan 0,64 pada uji coba skala besar, baik pada uji coba skala kecil maupun besar termasuk dalam kriteria sedang sehingga produk dapat dinyatakan efektif. Keefektifan produk diperkuat dengan hasil angket respon siswa 88,3% pada uji coba skala kecil dan 88,7% pada uji coba skala besar, hal ini menunjukkan bahwa produk mendapatkan respon baik dari siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Rosa Fachma Rani
Date Deposited: 18 Jul 2022 06:25
Last Modified: 18 Jul 2022 06:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5055

Actions (login required)

View Item View Item