Muawanah, Risalatul (2015) Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Efikasi Diri Siswa Kelas IX Dalam Menghadapi Ujian Nasional Di MTs Negeri Kunir. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933401311 PRA BAB.pdf Download (360kB) |
|
Text
933401311 BAB I.pdf Download (389kB) |
|
Text
933401311 BAB II.pdf Download (349kB) |
|
Text
933401311 BAB III.pdf Download (320kB) |
|
Text
933401311 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
Text
933401311 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
Text
933401311 BAB VI.pdf Download (155kB) |
|
Text
933401311 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
|
Text
933401311 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap efikasi diri siswa kelas IX dalam menghadapi ujian nasional. Dukungan sosial orang tua merupakan dukungan atau bantuan dari orang tua yang diterima individu berupa pemberian bantuan, informasi, tingkah laku tertentu, ataupun materi yang dapat menjadikan individu yang merasa disayangi, diperhatikan, dan bernilai. Efikasi diri merupakan keyakinan atau kepercayaan individu terhadap kemampuan yang dimilikinya dalam melaksanakan dan menyelesaikan tugas-tugas yang ia hadapi, sehingga mampu mengatasi rintangan dan mencapai tujuan yang diharapkannya. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh antara dukungan sosial orang tua terhadap efikasi diri siswa kelas IX dalam menghadapi ujian nasional di MTs Negeri kunir. 2) untuk mengetahui besarnya pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap efikasi diri siswa kelas IX dalam menghadapi ujian nasional di MTs Negeri Kunir. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif: Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 siswa kelas IX MTs Negeri Kunir dengan teknik simple random sampling. Instrument dalam penelitian ini menggunakan dua jenis skala yaitu: 1) Skala dukungan sosial orang tua yang disusun berdasarkan teori Sarafino. 2) Skala efikasi diri yang disusun berdasarkan teori Albert Bandura. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linier dengan menggunakan bantuan software SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaada pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial orang tua terhadap efikasi diri siswa kelas IX dalam menghadapi ujian nasional di MTs Negeri Kunir. Artinya semakin tinggi dukungan sosial orang tua, maka semakin tinggi efikasi diri siswa kelas IX dalam menghadapi ujian nasional. Besarnya pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap efikasi diri siswa kelas IX dalam menghadapi ujian nasional sebesar 7 %. Sedangkan sisanya sebesar 93 % dipengaruhi oleh faktor lain yaitu: budaya, sifat dan tugas yang dihadapi, informasi tentang kemampuan diri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 03:18 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 03:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5012 |
Actions (login required)
View Item |