Tuzzaqiyah, Afifa (2015) Self Efficacy Guru BK dalam Upaya Penanganan Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Nurul Huda dan SMA Darul Ulum Sumberanyar Banyuputih Situbondo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933403311 PRA-BAB.pdf Download (434kB) |
|
Text
933403311 BAB-I.pdf Download (378kB) |
|
Text
933403311 BAB-II.pdf Download (421kB) |
|
Text
933403311 BAB-III.pdf Download (288kB) |
|
Text
933403311 BAB-IV.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) |
|
Text
933403311 BAB-V.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
|
Text
933403311 BAB-VI.pdf Download (159kB) |
|
Text
933403311 DAFTAR-PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
Abstract
Beragam tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh seorang guru BK tidak sedikit dan mudah dilakukan, sebab setiap stressor yang muncul dari peserta didik beraneka ragam sesuai dengan tugas perkembangannya dalam rentang kehidupan. Dari dinamika psikologi ini, guru BK membutuhkan efficacy dalam dirinya. Penelitian mengenai self efficacy guru BK dalam upaya penanganan peserta didik di SMP Nurul Huda dan di SMA Darul Ulum Sumberanyar Banyuputih Situbondo berdasar atas ketertarikan peneliti untuk memperoleh gambaran mengenai self efficacy yang dimiliki, karena beberapa guru BK yang terdapat di dua sekolah tersebut ada yang tidak memiliki latar belakang bimbingan dan konseling. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek atau informan dari penelitian ini sebanyak empat guru BK, dua guru BK di SMP Nurul Huda Sumberanyar Banyuputih Situbondo dan dua guru BK di SMA Darul Ulum Sumberanyar Banyuputih Situbondo. Dalam proses analisis, peneliti menggunakan teori self efficacy dari teori belajar sosial Albert Bandura untuk menganalisis temuan-temuan yang diperoleh mengenai self efficacy guru BK dalam upaya penanganan peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah diperolehnya gambaran mengenai komponen-komponen self efficacy yang dilakukan guru BK dalam upaya penanganan peserta didik di SMP Nurul Huda dan di SMA Darul Ulum Sumberanyar Banyuputih Situbondo pada tiga komponen yaitu level, subjek (BK) yakin (non BK) kurang yakin. Kedua generality, subjek (BK dan non BK) mampu menyelesaikan setiap kesulitan. Ketiga strength, subjek (BK dan non BK) memiliki pengharapan yang kuat. Hasil analisis dari pengalaman menguasai sesuatu, modeling sosial, persuasi sosial, kondisi fisik dan emosional merupakan faktor yang mempengaruhi self efficacy guru BK di SMP Nurul Huda dan di SMA Darul Ulum Sumberanyar Banyuputih Situbondo. Mengenai gambaran self efficacy subjek (non BK) di satu sisi memiliki self efficacy yang cenderung menurun dalam satu situasi, akan tetapi di sisi lain memiliki self efficacy yang cenderung meningkat dalam situasi lainnya, subjek (BK) memiliki self efficacy yang cenderung meningkat dalam berbagai situasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 03:12 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 03:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5010 |
Actions (login required)
View Item |