Wulandari, Dian Alfi (2016) Strategi BMT Rahmat Semen Kediri Dalam Meningkatkan Pembiayaan, Ekonomi Syari’ah, Syari’ah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
1.Cover_10.DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
11.BAB I.pdf Download (418kB) |
|
Text
12.BAB II.pdf Download (482kB) |
|
Text
13.BAB III.pdf Download (229kB) |
|
Text
14.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
|
Text
15.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
|
Text
16.BAB VI.pdf Download (287kB) |
|
Text
17.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) |
|
Text
18. Lampiran Foto_19.DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
Abstract
Perkembangan permasalahan ekonomi di tengah masyarakat yang semakin kompleks, menuntut BMT untuk bisa merumuskan strategi untuk mempertahankan eksistensinya. Sebagai sebuah lembaga yang bergerak pada sektor jasa perbankan, tentunya pola pemasaran yang dilakukan BMT tidaklah sama dengan pemasaran untuk barang berwujud. Oleh karena itu diperlukan kejelian dalam merumuskan strategi dalam menghadapi pasar, dalam hal inilah strategi memegang peran penting agar BMT mampu bersaing. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana perkembangan pembiayaan dan strategi yang digunakan dalam meningkatkan pembiayaan yang ada di BMT Rahmat Semen Kediri. Penelitian ini termasuk penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu berupa suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif atau berupa ucapan tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subjek itu sendiri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Untuk menganalisis data pada penelitian kualitatif dilakukan melalui pengaturan data secara logis dan sistematis, dan analisis data itu dilakukan sejak awal peneliti terjun ke lokasi penelitian hingga pada akhir penelitian (pengumpulan data). Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan di BMT Rahmat Semen Kediri selalu mengalami peningkatan, dengan indikator meningkatnya jumlah pendapatan yang terjadi di BMT tersebut pada periode 2011-2014 masingmasing 17%, 10 %, 13 %. Sedangkan peningkatan nasabah pada tahun 2011-2014 berkisar 6%, 3%, 5%, dan untuk calon nasabah berkisar 9%, 7%, 3%. Peningkatan tersebut tidak lepas dari strategi-strategi yang dilakukan oleh BMT Rahmat Kecamatan Semen Kabupaten kediri. Strategi tersebut menggunakan teori bauran pemasaran, yaitu: Pertama, strategi produk dimana produk BMT Rahmat sangat variatif dan selalu melakukan inovasi produk seperti produk murabahah. Kedua, strategi promosi dimana BMT Rahmat melakukan sosialisasi melalui brosur dan berkunjung ke masyarakat. Ketiga, strategi SDM hal ini terlihat dengan pendelegasian karyawan dalam pelatihan-pelatihan. Keempat, strategi proses yaitu dengan meningkatkan kompleksitas, dimana BMT Rahmat melakukan penetrasi pasar .Kelima, strategi layanan pelanggan hal ini tercover dalam rumusan visi misi BMT Rahmat, serta adanya beberapa prinsip, yaitu: prinsip operasional, prinsip bagi hasil, prinsip jual beli, sebagai implementasi dari layanan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 12:39 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 12:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/501 |
Actions (login required)
View Item |