Pengaruh Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Simanjaya Siman Sekaran Lamongan tahun Pelajaran 2013-2014

Subhan, Muhammad (2015) Pengaruh Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Simanjaya Siman Sekaran Lamongan tahun Pelajaran 2013-2014. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92100211020-prabab2.pdf

Download (403kB)
[img] Text
92100211020-bab1.pdf

Download (324kB)
[img] Text
92100211020-bab2.pdf

Download (495kB)
[img] Text
92100211020-bab3.pdf

Download (314kB)
[img] Text
92100211020-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
92100211020-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
92100211020-bab6.pdf

Download (187kB)
[img] Text
92100211020-daftar pustaka.pdf

Download (222kB)

Abstract

Kedisiplinan guru pendidikan agama Islam merupakan suatu keadaan tertib dan teratur yang dimiliki oleh guru dalam mengajar disekolah tanpa ada pelanggaran-pelanggaran yang merugikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap dirinya dan terhadap sekolah secara keseluruhan. Kedisiplinan seorang guru pendidikan agama Islam dianggap sebagai langkah pertama menuju keberhasilan pembelajaran, dan merupakan faktor utama dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih baik lagi dalam proses belajar mengajar. Dalam hal ini seorang guru agama tentu memiliki peran yang tidak kecil dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Bagaimana kedisiplinan guru pendidikan agama Islam di SMP Simanjaya Siman Sekaran Lamongan? Bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Simanjaya Siman Sekaran Lamongan? Adakah pengaruh kedisiplinan guru pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Simanjaya Siman Sekaran Lamongan Bagaimana upaya kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam dalam mempengaruhi hasil belajar siswa Kelas VIII Di SMP Siman Jaya Sekaran Lamongan ?. Tujuan penelitian adalah : Untuk mengetahui sejauh mana kedisiplinan guru pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Simanjaya Siman Sekaran Lamongan, Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Simanjaya Siman Sekaran Lamongan. Upaya kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam dalam mempengaruhi hasil belajar siswa Kelas VIII Di SMP Siman Jaya Sekaran Lamongan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui seberapa tinggi pengaruh kedisiplinan guru pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Simanjaya Siman Sekaran Lamongan. Peneliti disini menggunakan pendekatan mixed approach. Dengan menggunakan metode angket untuk mengetahui kedisiplinan guru pendidikan agama Islam di SMP Simanjaya Siman Sekaran Lamongan, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa di SMP Simanjaya Siman Sekaran Lamongan peneliti menggunakan metode dokumentasi dalam bentuk nilai raport. Populasi penelitian yaitu guru agama Islam kelas VII di SMP Simanjaya Siman Sekaran Lamongan dan semua siswa yang berjumlah 331, sedangkan sampel dalam penelitian sebanyak 181 siswa. Hasil penelitian menunjukkan kedisiplinan guru pendidikan agama Islam di SMP Simanjaya Siman Sekaran Lamongan tergolong sangat baik dengan skor 37,54 dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Simanjaya Siman Sekaran Lamongan tergolong cukup dengan skor 84,68 dari hasil korelasi dapat diketahui ada pengaruh antara kedisiplinan guru pendidikan agama Islam di SMP Simanjaya Siman Sekaran Lamongan dengan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Simanjaya Siman Sekaran Lamongan. Hal ini dibuktikan dari analisis Kendal tau = 0,878 dan setelah diadakan pengujian signifikasi Z hitung = 17,56 sedangkan Z tabel 5% = 1,96 menunjukkan tingkat korelasi yang kuat. Upaya kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam dalam mempengaruhi hasil belajar siswa Kelas VIII Di SMP Siman Jaya Sekaran Lamongan. Dapat diketahui bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan disiplin guna meningkatkan hasil belajar siswa adalah berusaha datang awal di sekolah dan diwaktu mengajar, selalu siap dengan materi disampaikan atau setidaknya guru harus mempelajari materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:55
Last Modified: 14 Jul 2022 02:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5009

Actions (login required)

View Item View Item