Santoso, Kukuh (2015) Peningkatan Prestasi Belajar PAI Melalui Media Pembelajaran Siswa di SMP Plus Ar-Rahman Banaran Pesantren Kota Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92100512008-prabab.pdf Download (434kB) |
|
Text
92100512008-bab1.pdf Download (574kB) |
|
Text
92100512008-bab2.pdf Download (641kB) |
|
Text
92100512008-bab3.pdf Download (155kB) |
|
Text
92100512008-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
|
Text
92100512008-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
Text
92100512008-bab6.pdf Download (15kB) |
|
Text
92100512008-daftarpustaka.pdf Download (139kB) |
|
Text
92100512008-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan di Indonesia yang semakin pesat dan perubahan kurikulum dari masa ke masa yang menuntut sekolah untuk berkembang secara menyeluruh baik secara kualitas maupun kuantitas, maka sekolah harus selalu up to date mengikuti perkembangan pendidikan yang terjadi. Salah satu dari perkembangan media pembelajaran yang digunakan dalam dunia pendidikan yaitu komputer, LCD, dan internet, di mana penggunaan media ini tidak bisa dipisahkan dan harus bersinergi agar dapat digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Di SMP Plus Ar-Rahman media pembelajaran yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar, di antaranya media cetak, berupa buku pegangan siswa dan media elektronik, yakni komputer, internet, dan LCD dalam menyampaikan materi pembelajaran. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran di SMP Plus Ar-Rahman? 2) Bagaimana kualifikasi guru-guru PAI yang mengajar di kelas di SMP Plus Ar-Rahman? 3) Mengapa prestasi belajar PAI siswa di SMP Plus Ar-Rahman Banaran, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri menunjukkan peningkatan setelah menggunakan media pembelajaran? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci, dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga, atau gejala-gejala tertentu. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1) Penggunaan media pembelajaran sudah diterapkan di SMP Plus Ar-Rahman dan sudah berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan, namun tidak semua materi pelajaran dapat diajarkan atau disajikan dengan menggunakan media tersebut, karena dilihat dari keselarasan, kesinambungan materi yang diajarkan. 2) Kualifikasi guru-guru PAI yang mengajar di SMP Plus Ar-Rahman dapat dilihat dari tiga aspek: (a) Guru mempunyai kemampuan dasar sesuai bidangnya dan memiliki suatu kecakapan khusus sesuai kompetensi profesionalnya. (b) Guru mempunyai motivasi dan inovasi untuk mengembangkan diri dalam memanfaatkan media-media pembelajaran komputer, internet, dan LCD. (c) Guru yang mengajar mampu mengoperasikan peralatan yang ada, melalui media pembelajaran komputer, internet, dan LCD serta dapat memanfaatkan software-software yang telah disediakan sesuai dengan mata pelajaran. 3) Prestasi Belajar PAI siswa di SMP Plus Ar-Rahman meningkat setelah menggunakan media pembelajaran, yang diindikasikan: (a) Media pembelajaran berperan untuk memperjelas penyajian materi, (b) Pembelajaran lebih menarik, (c) Dapat mengatasi batasan ruang dan waktu, serta meningkatkan motivasi dan inovasi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 02:40 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 02:40 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5008 |
Actions (login required)
View Item |