Konsep Fitrah dalam Pendidikan Islam dan Relevansinya dengan Teori Konvergensi

Irawan, Gilang Cahya (2015) Konsep Fitrah dalam Pendidikan Islam dan Relevansinya dengan Teori Konvergensi. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92100613012-prabab.pdf

Download (471kB)
[img] Text
92100613012-bab1.pdf

Download (617kB)
[img] Text
92100613012-bab2.pdf

Download (747kB)
[img] Text
92100613012-bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
92100613012-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
92100613012-bab5.pdf

Download (306kB)
[img] Text
92100613012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (572kB)
[img] Text
92100613012-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)

Abstract

Anak merupakan investasi dunia dan akhirat bagi kedua orang tuanya. Kehadirannya merupakan satu anugerah yang diberikan oleh Allah setelah melakukan sebuah pernikahan. Sebagai investasi dunia dan akhirat bagi kedua orang tuanya, anak lahir kemuka bumi ini masing-masing membawa sejumlah potensi yang patut dikembangkan. Nabi Muhammad S.A.W dalam satu buah hadi>thnya beliau bersabda: “setiap anak lahir dalam keadaan fit}rah, orang tuanyalah yang menjadikanya dia yahudi, nas}rani, atau majusi.” Fit}rah yang dimaksud dalam hadi>th tersebut ialah pembawaan sejaklahir sedangkan ayah dan ibunya adalah lingkungan sebagaimana yang disebutkan oleh para ahli pendidikan. Oleh karena itu ketika hendak mengembangkan kualitas potensi anak orang tua harus memperhatikan lingkungan yang akan dijadikan tempat tinggal bagi mereka dan anaknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan library research yakni sebuah pendekatan penelitian yang dilakukan dengan cara membaca sebuah literatur secara keseluruhan kemudian menganalisanya, dan membaca literature pendek dengan tujuan untuk mengidentifikasi kelengkapan-kelengkapan materi-materi secara esensial, sedangkan tipologinya ialah theoretical reviews karena dalam penelitian ini penulis menelaah dua teori dalam satu penelitian tertentu dan berusaha mengungkap dua hal yang memiliki perbedaan pendekatan dan paradigma. Adapun data penelitian yang digunakan oleh penulis terbagi menjadi data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diambil langsung dari penulisnya atau dari sumbernya, sedangkan data sekunder adalah data yang diambil dari sumber lain yang berkaitan dengan topik-topik penelitian. Hasil penelitian ini disebutkan bahwa fit}rah merupakan sejumlah potensi yang dimiliki oleh manusia yang dapat mengantarkannya kepada prinsip ketauhidan dan menjadi wajib bagi orang tua agar membimbing anaknya kepada prinsip-prinsip iman dan tauhid. Sedangkan dalam teori konvergensi potensi manusia pada perkembangannya tidak hanya ditentukan oleh pembawaan dan lingkungan saja akan tetapi kedua-duanya sama-sama memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan mereka selanjutnya. Dalam Islam teori konvergensi ini dianggap mendekati sebuah kebenaran akan tetapi semua itu tergantung dengan kehendak Allah sebagai Tuhan yang menguasai alam ini. pemahaman yang semacam ini disebut dengan humanism-teosentris.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 14 Jul 2022 01:39
Last Modified: 14 Jul 2022 01:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5004

Actions (login required)

View Item View Item