Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MAN 5 Kediri

Azizah, Khasniatul (2021) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MAN 5 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932138617_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932138617_bab1.pdf

Download (214kB)
[img] Text
932138617_bab2.pdf

Download (178kB)
[img] Text
932138617_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932138617_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932138617_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
932138617_bab6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
932138617_daftarpustaka.pdf

Download (177kB)
[img] Text
932138617_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK KHASNIATUL AZIZAH, Dosen Pembimbing Ahmad Taufiq, S. Ag, M.Si dan Jerhi Wahyu Fernanada, M. Si: Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 5 Kediri, 2021. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar. Belajar merupakan sesuatu yang tidak terlepas dari sebuah pendidikan. Dalam kegiatan proses belajar siswa membutuhkan motivasi guna mencapai tujuan yang ingin dicapai secara maksimal. Untuk dapat meningkatkan kualitas dan motivasi belajar siswa, perlu dibangun adanya kecerdasan dalam diri mereka. Diantara kecerdasan yang mampu mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar selain kecerdasan intelektual yaitu kecerdasan emosional (EQ) untuk dapat mengolah emosi yang baik dan kecerdasan spiritual (SQ) sebagai pembimbing suara hati. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 5 Kediri. 2) apakah terdapat pengaruh kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 5 Kediri. 3) apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Akidah AKhlak di MAN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas XI di MAN 5 Kediri yang berjumlah 243 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel Simple Random Sampling dengan jumlah 142 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Tingkat kecerdasan emosional siswa kelas XI MAN 5 Kediri termasuk dalam kategori tinggi, dengan hasil nilai thitung sebesar 3,990 > ttabel 1,977, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar. 2) Tingkat kecerdasan spiritual siswa termasuk ke dalam kategori tinggi, dengan nilai thitung sebesar 2,928 > ttabel 1,977, maka diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar. 3) Pada pengujian secara simultan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar diperoleh hasil nilai Fhitung 15,973 > Ftabel 2,67, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:52
Last Modified: 13 Jul 2022 04:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4990

Actions (login required)

View Item View Item