Pendekatan Scientific Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kecakapan Berpikir Kritis (Refleksi Atas Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri)

Faridatunnisa, Eny (2015) Pendekatan Scientific Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kecakapan Berpikir Kritis (Refleksi Atas Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92100211008-prabab.pdf

Download (530kB)
[img] Text
92100211008-bab1.pdf

Download (172kB)
[img] Text
92100211008-bab2.pdf

Download (803kB)
[img] Text
92100211008-bab3.pdf

Download (313kB)
[img] Text
92100211008-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text
92100211008-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
92100211008-bab6.pdf

Download (27kB)
[img] Text
92100211008-daftarpustaka.pdf

Download (224kB)
[img] Text
92100211008-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Akidah Akhlak dengan pendekatan saintifik yaitu pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, mencoba/mengumpulkan data, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan.. Penelitian tindakan kelas menggunakan pemaduan model pembelajaran Problem Based Learning, yaitu suatu model pembelajaran yang menghadapkan peserta didik pada masalah nyata, siswa aktif bekerjasama secara kelompok untuk mencari solusinya. Berangkat dari hal tersebut penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui:1) problematika pembelajaran Aqidah Akhlak pada kelas VIII di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri 2) Hasil belajar siswa dengan pendekatan Scientific Model Problem Based Learning siswa kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. 3) Perkembangan kecakapan berpikir kritis dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak setelah diterapkan pendekatan Scientific Model Problem Based Learning di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) atau Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan metode diskriptif kualitatif dengan system siklus, setiap kegiatan siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII Semester I tahun pelajaran 2014-2015. Data yang diperoleh berupa hasil tes, lembar observasi kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh penelitili dan dibantu kolaborator. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sampai analisisnya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Problematika pembelajaran Aqidah Akhlak yang berkaitan dengan guru antara lain a) Penguasaan dan pengembangan materi,. b) Pengelolaan kelas, c) Penggunaan metode pengajaran yang monoton. Adapun problematika yang berhubungan dengan siswa kelas VIII meliputi, tingkat pengetahuan peserta didik yang tidak sama, siswa masih bersikap pasif yaitu siswa hanya mendengarkan saja tanpa ada reaksi timbal balik antara siswa dan guru. 2) Pada ranah kognitif nilai rata-rata tes pra tindakan 60,83 (12,5%) pos test siklus I 72,5 (37,5% ) Sedangkan nilai rata-rata pos test siklus II 86,66 (100%) Pada ranah afektif siklus I adalah 2,44, siklus II jnilai rata-rata 2,99. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yaitu dari cukup menjadi baik. 3) Penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kecakapan berpikir kritis, siswa mampu mendefinisikan dan mengklarifikasi masalah dan memecahkan meliputi peserta didik mampu menjelaskan permasalahan dan membuat kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:11
Last Modified: 13 Jul 2022 02:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4974

Actions (login required)

View Item View Item