Studi Komparasi Hasil Belajar Pai Siswa Kelas V Yang Berlatar Belakang Madrasah Diniyah Dengan Yang Tidak Berlatar Belakang Madrasah Diniyah Di SDN Jugo III Mojo Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021

Nisa', Hanifiah Anin (2021) Studi Komparasi Hasil Belajar Pai Siswa Kelas V Yang Berlatar Belakang Madrasah Diniyah Dengan Yang Tidak Berlatar Belakang Madrasah Diniyah Di SDN Jugo III Mojo Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932133717_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932133717_bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932133717_bab2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932133717_bab3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932133717_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932133717_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932133717_bab6.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932133717_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932133717_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK HANIFIAH ANIN NISA‟, 2021. Studi Komparasi Hasil Belajar PAI Siswa Kelas V yang Berlatar Belakang Madrasah Diniyah dengan yang Tidak Berlatar Belakang Madrasah Diniyah di SDN Jugo III Mojo Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Muhammad Yasin, M.Pd dan (2) M. Nabil Khisbulloh, M.Pd.I Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Madrasah Diniyah. Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah sebuah kegiatan pembelajaran yang dilaksnakan di sekolah untuk membentuk kepribadian siswa agar sesuai dengan norma-norma yang telah ditetapkan dalam ajaran Islam. Madrasah diniyah merupakan salah satu lembaga non formal yang mengajarkan ilmu agama Islam yang lebih mendalam. Hal tersebut dapat mendukung hasil belajar siswa terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Sehingga banyak orang tua yang memasukkan anaknya ke madrasah diniyah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan hasil belajar PAI siswa kelas V yang berlatar belakang madrasah diniyah di SDN Jugo III Mojo Kediri 2) Mendeskripsikan hasil belajar PAI siswa kelas V yang tidak berlatar belakang madrasah diniyah di SDN Jugo III Mojo Kediri 3) Mendeskripsikan apakah ada perbedaan hasil belajar PAI siswa kelas V antara yang berlatar belakang madrasah diniyah dengan yang tidak berlatar belakang madrasah diniyah di SDN Jugo III Mojo Kediri. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah 17 siswa kelas V yang berlatar belakang madrasah diniyah dan 14 siswa kelas V yang tidak berlatar belakang madrasah diniyah. Sedangkan teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji-t atau t test of independent dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) rata-rata hasil belajar siswa kelas V yang berlatar belakang madrasah diniyah adalah 82,00 2) hasil belajar siswa kelas V yang tidak berlatar belakang madrasah diniyah sebesar 60,00 3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PAI siswa kelas V yang berlatar belakang madrasah diniyah dengan sisiwa yang tidak berlatar belakang madrasah diniyah, ditunjukkan berdasar hasil perhitungan Uji hipotesis menggunakan SPSS diperoleh nilai Sig (2 –tailed) sebesar 0,000. Karena 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:20
Last Modified: 11 Jul 2022 03:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4937

Actions (login required)

View Item View Item