Isrofana, Dewi (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pai Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK PGRI 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932133617_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932133617_bab1.pdf Download (326kB) |
|
Text
932133617_bab2.pdf Download (579kB) |
|
Text
932133617_bab3.pdf Download (330kB) |
|
Text
932133617_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (962kB) |
|
Text
932133617_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
Text
932133617_bab6.pdf Download (297kB) |
|
Text
932133617_daftarpustaka.pdf Download (301kB) |
|
Text
932133617_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK DEWI ISROFANA, 2021. Pelaksanaan Pembelajaran Daring PAI pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK PGRI 2 Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Hj. Munifah, M.Pd. dan (2) Choiru Umatin, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam, Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap pelaksanaan pembelajaran daring yang ada di SMK PGRI 2 Kediri. Umumnya, pembelajaran daring di sekolah-sekolah lain dilaksanakan dengan pemberian tugas saja sehingga peserta didik banyak mengeluh akan banyaknya tugas tersebut. Sedangkan pembelajaran daring di sekolah ini dilaksanakan dengan tidak hanya terpacu pada pemberian tugas saja, namun tetap mengedepankan interaksi face to face secara daring dengan peserta didik, sehingga sebagian besar dari mereka tetap antusias dalam mengikuti pembelajaran daring. Fokus penelitian ini adalah: (1) pemanfaatan platform pembelajaran daring, (2) pemberian nilai peserta didik ketika pembelajaran daring, (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran daring di SMK PGRI 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan melibatkan berbagai informan penelitian. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring PAI yaitu menggunakan media pembelajaran daring yang bervariatif. Dengan bervariatifnya media yang digunakan, maka pembelajaran daring tidak hanya sebatas memberikan tugas. Dalam menyelenggarakan pembelajaran daring, guru PAI telah mempersiapkan dengan matang dan memaksimalkan pelaksanaannya. Pembelajaran daring dilaksanakan dengan menggunakan Google Meet dan Google Classroom secara bergantian. Penilaian guru terhadap peserta didik meliputi aspek sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Instrumen penilaian meliputi form penilaian peserta didik dan kisi-kisi soal ujian. Penilaian pengetahuan melalui tes secara daring, penilaian sikap melalui observasi keaktifan peserta didik dalam merespon, menanggapai maupun bertanya. Sedangkan penilaian ketrampilan dengan video praktik membaca al-Qur‘an. Faktor pendukung meliputi guru mampu mengoperasikan media pembelajaran daring dengan baik, respon siswa yang baik, guru yang kreatif, jaringan internet yang bagus, dan penyediaan lab komputer. Sedangkan faktor penghambat, meliputi kuota internet siswa, sinyal yang tidak merata, siswa memiliki kegiatan lain, kurang semangatnya siswa dalam mengerjakan tugas, dan terdapat siswa yang merasa kesulitan memahami materi di bagian-bagian tertentu.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 03:18 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 03:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4936 |
Actions (login required)
View Item |