Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Untuk Mengembangkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Rohman, Fatihatur (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Untuk Mengembangkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932132717_prabab.pdf

Download (444kB)
[img] Text
932132717_bab1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
932132717_bab2.pdf

Download (466kB)
[img] Text
932132717_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
932132717_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
932132717_bab5.pdf

Download (171kB)
[img] Text
932132717_daftarpustaka.pdf

Download (228kB)
[img] Text
932132717_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB)

Abstract

ABSTRAK Fatihatur Rohmah, Dosen Drs. Noer Hidayah, M. Si, dan Choirul Annisa, M. Pd : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kuci : Media pembelajaran, animasi, minat belajar Pembelajaran yang sukses didasari atas media pembelajaran yang menarik. Pengembangan media juga harus disesuaikan dengan perkembangan psikologis anak di era digital. Pembelajaran jarak jauh (daring) menjadi latar belakang faktor menurunnya tingkat minat belajar siswa di MTsN 1 Kota Kediri. Melalui produk yang diciptakan peneliti, yaitu media pembelajaran berbasis animasi diharapkan siswa dapat meningkatkan minat belajar siswa selama belajar di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis animasi yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan 4-D atau model Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Berdasarkan uji coba kevalidan media pembelajaran berbasis animasi yang dikembangkan berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian materi 3,66 dan media 3,56. Sedangkan untuk uji coba kepraktisan mendapatkan respon peserta didik lebih dari 80% yang merupakan respon positif terhadap media pembelajaran yang dikembangkan serta berminat untuk mengikuti pembelajaran. Hal ini menandakan media pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis animasi yang dikembangkan memenuhi kategori valid dan praktis sehingga layak untuk digunakan dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 08 Jul 2022 03:14
Last Modified: 08 Jul 2022 03:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4919

Actions (login required)

View Item View Item