Peningkatan Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Animasi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII C MTs N 7 Kediri Pada Mata Pelajaran Fiqh Bab Sholat Jamak Dan Qashar)

Restiani, Ida (2021) Peningkatan Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Animasi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII C MTs N 7 Kediri Pada Mata Pelajaran Fiqh Bab Sholat Jamak Dan Qashar). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932113217_prabab.pdf

Download (778kB)
[img] Text
932113217_bab1.pdf

Download (308kB)
[img] Text
932113217_bab2.pdf

Download (422kB)
[img] Text
932113217_bab3.pdf

Download (341kB)
[img] Text
932113217_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
932113217_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
932113217_bab6.pdf

Download (118kB)
[img] Text
932113217_daftarpustaka.pdf

Download (121kB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid-19 mengakibatkan seluruh sekolah yang ada di Indonesia dilakukan secara online tak terkecuali di MTsN 7 Kediri khususnya kelas VII C. akibatnya siswa kelas VII C sulit untuk memahami materi yang sedang disampaikan oleh guru. Dikelas VII C Terdapat 16 siswa dari 32 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Dan nilai rata-rata dari kelas VII C adalah 74. Dengan uraian tentang masalah sebagaimana paragraf diatas dapat disimpulkan masalah yang dihadapi siswa kelas VII C MTsN 7 Kediri, pada mata pelajaran fiqih, adalah pemahaman. Untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa tersebut, penelititi memberikan solusi, yakni menggunakan media pembelajaran video animasi. Penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing memiliki empat tahapan. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan tes. Dan teknik analisis data kualitatif ini mengacu pada metode analisis dari Miles dan Huberman. Metode ini terdiri atas tiga komponen yaitu reduksi data, penyajiian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: pada siklus I terdapat 44% siswa yang masih mendapatkan nilai dibawah KKM yakni 76. Dan hal ini terjadi karena: 1) guru kurang maksimal dalam menguasai kelas pada saat pembelajaran daring dan belum sepenuhnya mengacu pada RPP. 2) Masih terdapat siswa yang tidak tepat waktu dalam mengikuti proses pembelajaran dan tidak tepat waktu dalam mengerjakan tes. 3) siswa tidak benar-benar menyimak video dengan baik. 4) durasi video terlalu panjang dan kurang menarik. Sehingga terdapat perbaikan pada siklus II yakni: 1) Guru harus lebih pandai dalam menguasai kondisi kelas dan siswa. Serta tetap memperhatikan atau melaksanakan kegiatan yang sudah disusun di RPP. 2) Guru memberikan punishment jika ada anak yang tidak mengikuti pembelajaran, yakni membuat video yang menjelaskan tentang materi jama’ dan qashar. 3) Guru membuat video yang durasinya lebih sedikit dan memberikan waktu untuk menyimak video sesuai dengan durasinya, dilebihkan 10 menit. 4) Membuat video yang lebih menarik para siswa untuk tetap memperhatikan video tersebut. Dan hasinya semua siswa dari kelas VII C mendapatkan nilai diatas KKM. 87% dari siswa kelas VII C mendapatkan nilai yang masuk dalam kategori baik, sedangkan 13% mendapatkan nilai yang masuk kedalam kategori baik sekali. Beda dengan nilai yang didapatkan pada siklus I yang masih terdapa 44% siswa dari kelas VII C mendapatkan nilai dibawah KKM

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 08 Jul 2022 01:55
Last Modified: 08 Jul 2022 01:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4914

Actions (login required)

View Item View Item