Khoyriah, Ibnatul (2021) Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII Di MTs Hidayatus Sholihin Turus-Gurah-Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932110615_prabab.pdf Download (3MB) |
|
Text
932110615_bab1.pdf Download (433kB) |
|
Text
932110615_bab2.pdf Download (736kB) |
|
Text
932110615_bab3.pdf Download (341kB) |
|
Text
932110615_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
|
Text
932110615_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) |
|
Text
932110615_bab6.pdf Download (300kB) |
|
Text
932110615_daftarpustaka.pdf Download (404kB) |
|
Text
932110615_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK IBNATUL KHOYRIAH, Dosen Pembimbing Dr. H. Muniron, M.Ag dan H. Saifullah, M.Ag. Penerapan Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Metode Yanbu’a, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.. Al-Qur’an merupakan tuntunan syari’at Islam yang harus dipahami, dipelajari dan senantiasa dijadikan pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, wajib bagi setiap muslim untuk mempelajari Al-Qur’an. Setiap individu dapat belajar dalam suatu TPQ atau TPA yang ada di sekitar. Namun, dalam kehidupan sekarang masih banyak dijumpai siswa SMP dan SMA yang belum begitu menguasai Al-Qur’an khususnya dalam hal membaca maupun menulis, karena kebanyakan anak ketika SD sudah pernah sekolah TPQ, akan tetapi saat mereka sudah khatam mereka mulai malu dan malas untuk mengaji lagi bersama anak-anak dibawah usianya, Sehingga mereka tidak pernah lagi tadarus atau sekedar membaca Al-Qur’an meskipun sesekali ketika berada dirumah, terkadang meraka juga lebih mengedepankan bimbingan belajar dari pada mengajinya. ada pula yang sama sekali belum pernah merasakan belajar Al Qur’an, padahal itu suatu keharusan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penerapan Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri. 2) Untuk mengetahui hasil dari penerapan Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Hidayatus Sholihin Turus-Gurah-Kediri. Pendekatan yang digunakan ialah Pendekatan Kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pengecekan analisis data menggunakan reduksi data yang tidak relevan, pemaparan data dan penarikan kesimpulan dari data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri dilakukan dengan terstruktur yang sesuai dengan Metode Yanbu’a pada umumnya dan pengidentifikasian karakter siswa. 2) hasil penerapan Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an siswa kelas VIII di MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri “sudah meningkat”.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 06:39 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 06:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4904 |
Actions (login required)
View Item |