Problematika Proses Pembelajaran Secara Daring Oleh Guru Akidah Akhlak Di Mts Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri (Studi Kasus Kelas VIII)

Alfirdausy, Celine Diana (2021) Problematika Proses Pembelajaran Secara Daring Oleh Guru Akidah Akhlak Di Mts Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri (Studi Kasus Kelas VIII). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106317_prabab.pdf

Download (935kB)
[img] Text
932106317_bab1.pdf

Download (322kB)
[img] Text
932106317_bab2.pdf

Download (531kB)
[img] Text
932106317_bab3.pdf

Download (327kB)
[img] Text
932106317_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
932106317_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
932106317_bab6.pdf

Download (291kB)
[img] Text
932106317_daftarpustaka.pdf

Download (401kB)
[img] Text
932106317_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Celine Diana Alfirdausy. Dosen Pembimbing Dr. Wahidul Anam, M.Ag. dan Surahmat, M.Hum. : PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN SECARA DARING OLEH GURU AKIDAH AKHLAK DI MTS HIDAYATUS SHOLIHIN TURUS GURAH KEDIRI (Studi Kasus Kelas VIII) Kata Kunci : Problematika, Proses Pembelajaran secara Daring, Guru Akidah Akhlak Masa pandemi Covid-19 ini setiap proses pembelajaran dilaksanakan secara daring. Hal ini menjadi suatu tantangan bagi para pendidik maupun peserta didiknya. Selama proses pembelajaran daring berlangsung guru Akidah Akhlak kelas VIII memiliki beberapa problematika yang muncul seperti pada penguasaan dan pengembangan materi, pengelolaan kelas dan metode pembelajaran, dan lainlain. Dalam skripsi ini, ada beberapa upaya yang dapat mengatasi dari berbagai problematika tersebut. Maka rumusan masalah pada penelitan ini adalah : 1) Bagaimana proses pembelajaran secara daring oleh guru Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri? 2) Bagaimana problematika pelaksanaan proses pembelajaran secara daring oleh guru Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri? 3) Bagaimana upaya guru Akidah Akhlak kelas VIII dalam mengatasi problematika proses pembelajaran secara daring di MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri? Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang mengeksplorasi suatu masalah. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, verivikasi dan simpulan data. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan (pengamatan), ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Proses pembelajaran secara daring sama seperti pada saat pembelajaran tatap muka, namun ketika daring proses pembelajaran dilaksanakan di aplikasi WhatsApp Group, 2) Problematika proses pembelajaran secara daring yang di alami oleh guru Akidah Akhlak kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri yaitu problematika pada penguasaan dan pengembangan materi, problematika pada pengelolaan kelas dan metode pembelajaran, dan problematika pada kurangnya kepedulian orang tua terhadap pendidikan anaknya. 3) Upaya guru Akidah Akhlak kelas VII untuk mengatasi problematika yang muncul yakni guru mencari bahan ajar yang lain, melaksanakan sharing-sharing bersama guru Akidah Akhlak yang lain, ketika siswa mengumpulan tugas dianggap absensi, guru mengguakan metode mencatat, selalu menghubungi orang tua siswa untuk memberikan informasi-informasi tentang pendidikan anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 07 Jul 2022 06:34
Last Modified: 07 Jul 2022 06:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4902

Actions (login required)

View Item View Item