Studi Pemikiran K.H. Abdurrahman Wahid Tentang Konsep Pendidikan Inklusif Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Agama Islam

Aziz, Akhmad (2021) Studi Pemikiran K.H. Abdurrahman Wahid Tentang Konsep Pendidikan Inklusif Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Agama Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102517_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932102517_bab1.pdf

Download (185kB)
[img] Text
932102517_bab2.pdf

Download (241kB)
[img] Text
932102517_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
932102517_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
932102517_bab5.pdf

Download (136kB)
[img] Text
932102517_daftarpustaka.pdf

Download (201kB)
[img] Text
932102517_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

ABSTRAK AKHMAD AZIZ, 2021. Studi Pemikiran KH. Abdurrahman Wahid tentang Konsep Pendidikan Inklusif dan Relevansinya bagi Pendidikan Agama Islam, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing (1) Dr. H. Ilham Tohari S.H., M.HI dan (2) Mohammad Asy’ari M.H.I Kata Kunci: Pendidikan Inklusif, Pendidikan Agama Islam, K.H Abdurrahman Wahid Pendidikan inklusif merupakan pendidikan yang direalisasikan dengan tujuan untuk kepentingan kemanusiaan. Pendidikan inklusif merupkan pendidikan yang menjunjung tinggi nilai-nilai perbedaan yang ada pada manusia sebagai keniscayaan dari Tuhan Yang Maha Esa. Perbedaan bukanlah penghambat ataupun penghalang dalam mencapi kehidupan yang sejahtera. Perbedaan ada agar manusia belajar bagaimana untuk saling mengenal dan bersama-sama menuju keadilan bersama. Gus Dur merupakan tokoh neo-modernisme yang memadukan antara pemikiran gaya klasik dengan liberal yang mana bisa dikatakan bahwa tokoh tersebut menyikapi kemajemukan masyarakat dengan keilmuan Islam dan Barat (non-Islam). Dalam penelitian ini dilakukan sebagai usaha untuk mengetahui letak relevansi konsep pemikiran pendidikan inklusif KH. Abdurrahman wahid dengan pendidikan agama Islam. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan dengan menggunakan teknik analisis data content analisys. Data tersebut diperoleh dari sumber data primer berupa Buku karya Gus Dur yang di dukung dengan beberapa sumber data sekunder yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan, bahwa dalam konsep pendidikan inkluisf pemikiran KH. Abdurrahman memiliki hubungan dengan pendidikan agama Islam. Dalam hal pemikiran tokoh tersebut melahirkan pemikiran masyarakat yang maju dan terbuka dengan keberagaman yang dimilikinya. Kemajemukan Indonesia dapat dipandang sebagai sebuah kekayaan masyarakat dan juga dapat dipandang sebagai penyebab perpecahan masyarakat. Dalam meminimalisir konflik yang menyebabkan perpecahan dan deskriminasi khususnya dalam dunia pendidikan maka pendidikan inklusif menjadi pilihan yang efisien dalam menyikapi keragaman ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 07 Jul 2022 06:29
Last Modified: 07 Jul 2022 06:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4900

Actions (login required)

View Item View Item