Pengembangan e-modul matematika berbasis matematika realistik bernilai budaya kediri pada materi perbandingan sebagai bahan ajar di SMP

Nurfadilah, Zenik (2022) Pengembangan e-modul matematika berbasis matematika realistik bernilai budaya kediri pada materi perbandingan sebagai bahan ajar di SMP. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932300818_prabab.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2024.

Download (887kB)
[img] Text
932300818_bab1.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2024.

Download (619kB)
[img] Text
932300818_bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2024.

Download (525kB)
[img] Text
932300818_bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2024.

Download (399kB)
[img] Text
932300818_bab4.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2024.

Download (1MB)
[img] Text
932300818_bab5.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2024.

Download (487kB)
[img] Text
932300818_daftarpustaka.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2024.

Download (454kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, keaktifan proses pembelajaran Matematika materi Perbandingan yang dilakukan secara virtual di kelas VII E MTsN 2 Kota Kediri masih rendah. Hal tersebut dikarenakan rendahnya aktivitas peserta didik, kurangnya keaktifan dan keberanian dalam mengajukan pertanyaan, serta bahan ajar yang digunakan masih kurang relevan dengan perkembangan zaman. Dengan memanfaatkan teknologi berupa aplikasi Sigil, penelitian dan pengembangan berupa e-modul dilakukan pendekatan Matematika Realistik bernilai Budaya Kediri pada materi perbandingan.Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif deskritptif. Subjek coba dalam penelitian ini adalah peserta didik di MTsN 2 Kota Kediri yang sudah atau belum pernah mendapatkkan materi perbandingan. Hasil validasi ahli materi dan media diperoleh kategori sangat baik dan layak digunakan atau diuji cobakan dengan revisi sesuai saran. Hasil respon guru terhadap E-Modul Matematika diperoleh termasuk kategori sangat baik dan layak. Sedangkan hasil respon siswa uji coba kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh kategori layak digunakan dalam pembelajaran Matematika. Perlu dilakukan penelitian dan pengembangan serupa untuk materi lain baik Matematika maupun ilmu lain dengan inovasi yang lebih baik lagi. Selain itu, E-Modul Matematika yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan penelitian berikutnya seperti digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman konsep matematis, kreatifitas peserta didik, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Zenik Nurfadilah
Date Deposited: 04 Jul 2022 06:25
Last Modified: 04 Jul 2022 06:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4868

Actions (login required)

View Item View Item