Pendidikan Akhlak Dalam Novel “Bidadari Bermata Bening” Karya Habiburrahman El Shirazy

Agustina, Nur Azizah (2021) Pendidikan Akhlak Dalam Novel “Bidadari Bermata Bening” Karya Habiburrahman El Shirazy. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932130517_prabab.pdf

Download (958kB)
[img] Text
932130517_bab1.pdf

Download (524kB)
[img] Text
932130517_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
932130517_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
932130517_bab4.pdf

Download (6kB)
[img] Text
932130517_daftarpustaka.pdf

Download (284kB)
[img] Text
932130517_lampiran.pdf

Download (483kB)

Abstract

ABSTRAK NUR AZIZAH AGUSTINA, Dosen Pembimbing Dr. H. MUNIRON, M.Ag dan MASRUL ISRONI N.W., M.A, Pendidikan Akhlak Dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy. Kata kunci: Pendidikan akhlak, pendidikan karakter di Indonesia, Novel Bidadari Bermata Bening Pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusian dari manusia. Akhlak adalah tingkah laku, budi pekerti, yang melekat pada jiwa seseorang untuk melakukan suatu hal atau perbuatan antara lain: dengan berbakti dan memuliakan serta menghormati ibu bapak, sabar dan tabah dalam menerima ketentuan Allah. Pendidikan akhlak adalah sebuah upaya pembiasaan untuk menghasilkan respon perilaku positif. Kemampuan kognitif, hasil belajar, sikap, dan pengalaman adalah bentuk dari hasil pelaksanaan pendidikan akhlak. Dalam novel “Bidadari Bermata Bening” terdapat banyak tentang pendidikan akhlak. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tentang: 1) Metode pendidikan akhlak dalam novel Bidadari Bermata Bening. 2) Relevansi pendidikan akhlak novel Bidadari Bermata Bening dengan pendidikan karakter di Indonesia. Pendekatan penelitiannya adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya studi kepustakaan. Dengan mengambil objek kajian novel “Bidadari Bermata Bening.” Teknik pengumpulan data memakai studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian yang dilakukan maka penulis dapat memberi simpulan 1.) terdapat empat metode pendidikan akhlak dalam novel Bidadari Bermata Bening, yakni: A.) Metode pemahaman agama, menjadikan agama sebagai aspek sekaligus prinsip dasar dalam mendidik etika dan moral. B.) Metode pergaulan, jika pergaulannya dengan orang-orang baik, maka akan terbentuk akhlak baik pula pada dirinya, begitupun sebaliknya. C.) Metode pembiasaan, metode ini cukup efektif untuk mengubah akhlak menjadi baik. D.) metode pujian, metode ini dianjurkan saat peserta didik menunjukkan perilaku baik. 2.) Terdapat relevansi pendidikan akhlak dengan pendidikan karakter di Indonesia yakni, nilai-nilai religius, jujur, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tau, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, gemar membaca, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Bidadadri Bermata Bening ini merupakan bacaan yang sangat bagus bagi generasi penerus bangsa, khususnya bangsa Indonesia. Menjadikan generasi yang berkarakter luhur, dan berbudi baik, sesuai dengan tuntunan agama dan undang-undang dasar. Sehingga terwujudnya tujuan pendidikan nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:13
Last Modified: 04 Jul 2022 02:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4856

Actions (login required)

View Item View Item