Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Blended Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Lingkaran Di MTsN 5 Kediri

Elizabeth, Alvina Savitri (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Blended Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Lingkaran Di MTsN 5 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932304018_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932304018_bab1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
932304018_bab2.pdf

Download (462kB)
[img] Text
932304018_bab3.pdf

Download (557kB)
[img] Text
932304018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
932304018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
932304018_bab6.pdf

Download (116kB)
[img] Text
932304018_daftarpustaka.pdf

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran discovery learning berbasis blended learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran di MTsN 5 Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan sampel sebanyak 27 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes (pretest dan posttest) berbentuk soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen telah divalidasi oleh 3 orang ahli dan telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran serta daya beda. Berdasarkan hasil tes kemudian dilakukan uji parametrik yaitu uji paired sample t-test dan diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 dimana 0,000 < 0,05 sehingga H_1 diterima. Artinya ada perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah sebelum dan sesudah Pembelajaran discovery learning berbasis blended learning, diamati dari rata-rata nilai posttest yang lebih besar daripada nilai pretest sehingga terdapat pengaruh model pembelejaran discovery learning berbasis blended learning terhadap kemampuan pemecahan masalah. Selanjutnya untuk mengetahui tingkat keefektifan model pembelajaran yang digunakan, maka dilakukan uji gain dan diperoleh nilai n-gain sebesar 88,33 dan nilai tersebut berada pada kategori sangat efektif sehingga model pembelajaran discovery learning berbasis blended learning efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Alvina Savitri Elizabeth
Date Deposited: 04 Jul 2022 01:30
Last Modified: 04 Jul 2022 01:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4850

Actions (login required)

View Item View Item