Masrof, Moh. Agus Harisuddin (2020) Metode pembelajaran CBSA di pondok pesantren salaf dalam memahami teks agama islam klasik (studi kasus di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Mojo Kediri). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92101418020_prabab.pdf Download (495kB) |
|
Text
92101418020_bab1.pdf Download (577kB) |
|
Text
92101418020_bab2.pdf Download (591kB) |
|
Text
92101418020_bab3.pdf Download (380kB) |
|
Text
92101418020_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
|
Text
92101418020_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
|
Text
92101418020_bab6.pdf Download (115kB) |
|
Text
92101418020_daftarpustaka.pdf Download (236kB) |
|
Text
92101418020_suratpernyataan.pdf Download (175kB) |
Abstract
MOH. AGUS HARISUDDIN MASROF, 2020, Metode Pembelajaran CBSA di Pondok Pesantren Salaf Dalam Memahami Teks Agama Islam Klasik (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Mojo Kediri). Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Kediri, Dosen Pembimbing I: Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag. 2: Dr. A. Halil Thahir, M.HI. Kata Kunci: Metode Pembelajaran CBSA, Pondok Pesantren Salaf, Teks Agama Islam Klasik Metode pembelajaran CBSA merupakan cara belajar mengajar yang memberi peran lebih banyak kepada anak didik untuk aktif dalam proses belajar mengajar sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Atau bisa disebut CBSA adalah salah satu sistem pengajaran yang lebih melibatkan siswa untuk bertindak lebih aktif. Dengan kemajuan perkembangan zaman pondok pesantren perlu menata metode pembelajaran dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Kurikulum di Al-Falah, (2) Implementasi Metode Pembelajaran CBSA dalam memahami Teks Agama Islam Klasik, (3) Faktor Pendukung dan Penghambat metode pembelajaran CBSA dalam memahami teks Agama Islam klasik di pondok pesantren Al-Falah Ploso Mojo Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan kualitatif yang berdasarkan ilmu filsafat positivisme digunakan dalam penelitian dalam kondisi obyek yang alamiah, pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data dianalisis dengan langkah reduksi data, display data dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kurikulum di pondok pesantren Al-Falah terdiri dari empat macam komponen: tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. (2) Implementasi metode pembelajaran CBSA di pondok pesantren Al-Falah guru membacakan kitab dan memaknai kitab, santri membacakan murod atau maksud makna tersebut dengan bahasa Indonesia, santri maju untuk menjelaskan meteri pelajarannya kepada temannya atau istilah lain mubayyin, tanya jawab, bahtsul masail dan diakhir pembelajaran moderator menyimpulkan hasil pembelajaran. Penunjang pelaksanaan metode CBSA menggunakan syawir/musyawarah sebagai upaya memaksimalkan santri dalam memahami teks agama islam klasik. Karena tujuan utama implementasi metode pembelajaran CBSA di Al-Falah dengan harapan mencetak santri-santrinya untuk menjadi guru-guru yang berlandasan Ahlussunnah Wal Jama’ah. (3) Faktor pendukung : kinerja pengurus yang baik, interaksi yang baik antara ustadz dan santri, pembelajaran yang berkualitas. Faktor penghambat: perilaku santri sulit diatur, kurangnya pendanaan, ketatnya peraturan bagi santri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moh Agus Harisuddin Masrof |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 04:22 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 04:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4834 |
Actions (login required)
View Item |