Pembelajaran Jarak Jauh: Problem Dan Pelaksanaannya (Studi Kasus Di MA Abdulloh Bangsongan Mojo Kediri)

Rahayu, Rizki (2021) Pembelajaran Jarak Jauh: Problem Dan Pelaksanaannya (Studi Kasus Di MA Abdulloh Bangsongan Mojo Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932125717_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932125717_bab1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
932125717_bab2.pdf

Download (322kB)
[img] Text
932125717_bab3.pdf

Download (205kB)
[img] Text
932125717_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
932125717_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
932125717_bab6.pdf

Download (112kB)
[img] Text
932125717_daftarpustaka.pdf

Download (179kB)
[img] Text
932125717_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK RIZKI RAHAYU, Dosen Pembimbing Dr. Kadi M.Pd.I dan Erwin Indrioko M.Pd.I. Pembelajaran Jarak Jauh: Problem dan Pelaksanaannya (Studi Kasus di MA Abdulloh Mojo Bangsongan Kediri). Program Study Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Iain Kediri, 2021. Kata Kunci : Problematika pembelajaran jarak jauh, Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh Pembelajaran jarak jauh (PJJ) adalah pembelajaran dengan menggunakan suatu media yang memungkinkan terjadi interaksi antar pengajar dan pembelajar. Dalam PJJ antara pengajar dan pembelajar tidak bertatap muka secara langsung, dengan kata lain melalui PJJ dimungkinkan antara pengajar dan pembelajar berbeda tempat, bahkan bisa dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh. Dengan system yang memiliki karakteristik utama, yakni keterpisahan fisik antara pengajar dan pembelajar. Pembelajaran jarak jauh merupakan pelatihan yang diberikan kepada peserta atau siswa yang tidak berkumpul bersama di satu tempat secara rutin untuk menerima pelajaran secara langsung dari instruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di MA Abdulloh Bangsongan Mojo Kediri. 2) untuk mengetahui problematika pembelajaran jarak jauh di MA Abdulloh Bangsongan Mojo Kediri. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, untuk menguji keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di MA Abdulloh Bangsongan Mojo Kediri: (1) Problematika pembelajaran jarak jauh yang di alami oleh guru dan siswa yaitu problematika Sumber Daya Manusia (SDM) seperti terdapat guru yang gagap teknologi dan kesulitan guru dalam mengelola kelas online, peserta didik kesulitan untuk memahami materi pembelajaran dan ketersediaan media yang belum memadai, serta penguasaan materi yang diterapkan guru kepada siswa terkadang masih kurang cocok. (2) Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di Madrasah Aliyah Abdulloh Bangsongan Mojo Kediri kurang berjalan dengan efektif. Dalam pelaksanaannya guru dan peserta didik menggunakan Whatsapp, metode yang digunakan guru disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, guru menggunakan metode ceramah karena dinilai lebih efektif dalam menjelaskan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:08
Last Modified: 29 Jun 2022 02:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4827

Actions (login required)

View Item View Item