Maratus S, Nelly (2020) Pendidikan Pesantren Dalam Meningkatkan Life Skill Santri Pondok Pesantren Putri Salafiyyah Bandar Kidul Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932125616_prabab.pdf Download (665kB) |
|
Text
932125616_bab1.pdf Download (187kB) |
|
Text
932125616_bab2.pdf Download (744kB) |
|
Text
932125616_bab3.pdf Download (174kB) |
|
Text
932125616_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
Text
932125616_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Text
932125616_bab6.pdf Download (86kB) |
|
Text
932125616_daftarpustaka.pdf Download (82kB) |
|
Text
932125616_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
Abstract
Pendidikan Pesantren Dalam Meningkatkan Life Skill Santri Pondok Pesantren Putri Salafiyyah Bandar Kidul Kota Kediri ABSTRAK NELLY MARATUS S, Dosen Pembimbing Muhamad Yasin, dan M. Luqman Hakim : Pendidikan Pesantren dalam Meningkatkan Life Skill Santri Pondok Pesantren Putri Salafiyyah Bandar kidul Kota Kediri, Propinsi Jawa Timur, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyyah, IAIN Kediri, 2020. Kata Kunci : pondok, life skill, sorogan, dan santri. Life skill mutak dibutuhkan bagi setiap manusia untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam pesantren. Sebagai dari usaha pengembangan potensi manusia yang sangat dibutuhkan terutama pada santri. Model pendidikan yang digunakan di sebuah lembaga pendidikan Islam seperti pondok pesantren adalah metode non klasikal yang merupakan metode pertama kali digunakan dan secara turun temurun telah dianut oleh sebuah pesantren. Model pembelajarn ini tidak terdapat teknik pengajaran yang dijabarkan dalam bentuk kurikulum. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisa serta mengungkap tentang pola dan model pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren putri Salafiyyah Bandar kidul Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan dengan mengungkap dua rumusan masalah yaitu konsep atau pola pendidikan di pondok pesantren putri Salafiyyah, dan aktualisasi nilai pendidikan berbasis life skill di pondok pesantren putri Salafiyyah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian berdasarkan tempatnya adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan adalah untuk mencari peristiwa-peristiwa yang menjadi objek penelitian berlangsung. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan di atas, setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Pondok pesantren putri Salafiyyah mengimplementasikan metode sorogan di dalam kegiatan pembelajaran pengajian kitab kuning. (2) metode sorogan benar-benar dapat mengaktualisasikan nilainilai life skill di dalamnya seperti nilai kecakapan kepribadian, kecakapan sosial, kecakapan akademik, kecakapan berfikir rasional, dan kecakapan kejuruan. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pola pendidikan pesantren selurus dengan pola pendidikan berbasis life skill yang mana keduanya tidak dapat terpisahkan. Hal ini dikarenakan keduanya merupakan nilai kesatuan yang utuh dalam hubungannya dengan kehidupan. Kesimpulannya adalah bahwa metode sorogan menjadikan miniatur dalam mengantar life skill agar menggapai sistem pendidikan dan proses pembelajaran di pondok pesantren dimana santri belajar dan dilatih untuk memecahkan dan mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapinya secara mandiri. Serta konsep yang memberikan kemampuan, kesanggupan, dan keterampilan pada santri sebagai bekal untuk menjalani kehidupan di kemudian hari.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 02:00 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 02:00 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4826 |
Actions (login required)
View Item |