Problematika Orang Tua Mendampingi Anak Dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Siswa Kelas VIII-I Di MTsN 1 Kota Kediri

Nurfahrurozi, Moh. Fido Eggi (2021) Problematika Orang Tua Mendampingi Anak Dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Siswa Kelas VIII-I Di MTsN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932125417_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932125417_bab1.pdf

Download (524kB)
[img] Text
932125417_bab2.pdf

Download (787kB)
[img] Text
932125417_bab3.pdf

Download (429kB)
[img] Text
932125417_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
932125417_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
932125417_bab6.pdf

Download (346kB)
[img] Text
932125417_daftarpustaka.pdf

Download (278kB)
[img] Text
932125417_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK MOH FIDO EGGI NURFAHRUROZI, Dosen Pembimbing Dr. Wahidul Anam, M. Ag dan Surahmat, M. Hum.: Problematika Orang Tua Mendampingi Anak dalam Pembelajaran Berbasis E- Learning pada Siswa Kelas VIII-I di MTsN 1 Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata kunci: Problematika Orang Tua, Mendampingi Anak, Pembelajaran E-Learning Pendidikan merupakan kebutuhan dasar bagi seluruh umat manusia yang ingin maju, karena dengan adanya pendidikan maka sumber daya manusia dapat berkembang. Namun, yang terjadi pada saat ini dunia pendidikan sedang diterpa oleh wabah Covid-19. Keputusan pemerintah memindahkan proses pembelajaran dari sekolah menjadi di rumah. Salah satu lembaga pendidikan yang melaksanakan pembelajaran online yaitu MTsN 1 Kota Kediri. MTsN 1 Kota Kediri telah memanfaatkan e-learning sebagai media pembelajaran pada kondisi saat ini yaitu adanya pandemi Covid-19 atau biasa disebut e-learning madrasah (ELMA). Dengan adanya pembelajaran secara online, maka pihak yang paling berperan dalam mengawasi, mendampingi, dan mengontrol pembelajaran dan aktivitas siswa adalah keluarga terutama orang tua. Tetapi yang terjadi di lapangan orang tua mengeluh dan mengalami berbagai kendala dalam pembelajaran online ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan kecukupan referensi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah beberapa orang tua siswa kelas viii-i, dan pihak sekolah. Kemudian sumber data sekunder adalah dokumen, arsip, buku, literatur, catatan-catatan, dan lain-lain yang mendukung. Penelitian ini bertujuan 1)Untuk mengetahui problematika yang dialami orang tua selama mendampingi anak dalam pembelajaran berbasis e- learning kelas VIII-I di MTsN 1 Kota Kediri 2)Untuk mengetahui upaya sekolah dalam mengatasi problematika yang dialami orang tua selama mendampingi anak dalam pembelajaran berbasis e- learning kelas VIII-I di MTsN 1 Kota Kediri. Hasil penelitian menunjukkan problematika yang dialami orang tua antara lain; tidak ada waktu luang karena harus bekerja, kurang memahami materi pembelajaran, jaringan yang sulit, paket data yang banyak, sulit mengondisikan anak, anak bermain gadget terutama game dan menyita waktu orang tua. Solusi yang sudah diupayakan oleh madrasah adalah; memberi bantuan paket data internet, diperbolehkan belajar di sekolah menggunakan internet sekolah bagi siswa yang benar-benar kurang mampu, guru bimbingan konseling selalu menjadi fasilitator bagi orang tua, tenggang waktu pengumpulan tugas diperpanjang sehingga tidak menimbulkan tekanan yang tinggi, wali kelas selalu mengingatkan adanya tugas dan waktu pengerjaan tugas, Wali kelas selalu memotivasi dan mengarahkan para orang tua agar selalu mendampingi anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:55
Last Modified: 29 Jun 2022 01:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4824

Actions (login required)

View Item View Item