Program Rumah Tahfidz Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Kepribadian Siswa Di SMA Negeri 2 Pare Kabupaten Kediri

Rulitasari, Eka (2020) Program Rumah Tahfidz Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Kepribadian Siswa Di SMA Negeri 2 Pare Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932123516_prabab.pdf

Download (913kB)
[img] Text
932123516_bab1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
932123516_bab2.pdf

Download (496kB)
[img] Text
932123516_bab3.pdf

Download (346kB)
[img] Text
932123516_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
932123516_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
932123516_bab6.pdf

Download (326kB)
[img] Text
932123516_daftarpustaka.pdf

Download (221kB)
[img] Text
932123516_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK EKA RULITASARI, Dosen Pembimbing I Dr. Muhammad Yasin, M. Pd. I dan Dosen Pembimbing II Erwin Indrioko, M. Pd. I: Program Rumah Tahfidz Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Kepribadian Siswa di SMA N 2 Pare Kabupaten Kediri. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah IAIN Kediri, 2020. Kata kunci: Program Rumah Tahfidz Qur’an dan Kualitas Kepribadian. Program Rumah Tahfidz Qur’an (RTQ) adalah program intra sekolah, yang digagas dan didukung oleh pembinaan pemuda yang berbasis Al-Qur’an dan ajaran Islam. Al-Qur’an baik secara kompetensi dan substansi akan mendasari, melengkapi, dan menajamkan proses pengembangan diri pemuda menuju pembentukan figure yang paripurna. Selain memperkuat ilmu Al-Qur’an program ini juga memberikan pembinaan tambahan (non-akademik) bagi pelajar SMA N 2 Pare. Berpijak pada fokus penelitian, penelitian ini bertujuan untuk 1.) Mendeskripsikan pelaksanaan Program Rumah Tahfidz Qur’an di SMA N 2 Pare Kabupaten Kediri, 2.) Mendeskripsikan kualitas yang mereka miliki dalam mengikuti Program Rumah Tahfidz Qur’an di SMA N 2 Pare Kabupaten Kediri, 3.) Mendeskripsikan Program Rumah Tahfidz Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Kepribadian siswa di SMA N 2 Pare Kabupaten Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam peneliti ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan pengamat, ketekunan pengamat, dan triangulasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; (1) Pelaksanaan Program Rumah Tahfidz Qur’an di SMA N 2 Pare adalah program tahfidz yang memiliki asrama/boarding tersendiri; (2) Kualitas yang mereka miliki dalam mengikuti Program Rumah Tahfidz Qur’an adalah lebih baik, hingga saat ini kualitas mereka lebih meningkat dengan dicapainya beberapa prestasi baik akademik maupun non akademik; (3) Program Rumah Tahfidz Qur’an dalam meningkatkan kualitas kepribadian siswa di SMA N 2 Pare ada 2 faktor dalam meningkatkan kualitas mereka serta dalam memenuhi target sekolah. Hal ini dapat dilihat dari: -Faktor pendukung dari orang tua, motivasi dari pengasuh, serta dari diri sendiri, -Faktor penghambat yaitu malas, kecapekan karena waktu yang singkat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:40
Last Modified: 27 Jun 2022 01:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4811

Actions (login required)

View Item View Item