Pengaruh E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadis Di MTsN 6 Nganjuk

Prasetiyo, Guntur Eko (2021) Pengaruh E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadis Di MTsN 6 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932121517_prabab.pdf

Download (751kB)
[img] Text
932121517_bab1.pdf

Download (705kB)
[img] Text
932121517_bab2.pdf

Download (595kB)
[img] Text
932121517_bab3.pdf

Download (564kB)
[img] Text
932121517_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
932121517_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
932121517_bab6.pdf

Download (292kB)
[img] Text
932121517_daftarpustaka.pdf

Download (296kB)

Abstract

ABSTRAK PRASETIYO, GUNTUR EKO, 2021. Pengaruh E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran AlQur’an Hadis Di MTS Negeri 6 Nganjuk Tahun Ajaran 2020/2021, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Noer Hidayah M.Si dan (2) Siska Yulia Weny,M.Ak Kata Kunci : E-Learning, dan Keaktifan Belajar Siswa. E-learning adalah proses pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjembatani kegiatan belajar mengajar yang pada prinsipnya menggunakan teknologi elektronik dalam proses pembelajaran. Sedangkan keaktifan merupakan suatu kegiatan baik fisik maupun mental yang melibatkan baik emosional maupun intelektual peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk 1) mengetahui elearning sebagai media Pembelajaran di MTsN 6 Nganjuk 2) mengetahui keaktifan belajar siswa di MTsN 6 Nganjuk 3) Mengetahui Pengaruh e-learning sebagai media Pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan lokasi penelitiannya berada di MTs Negeri 6 Nganjuk. Pupulasi dalam penelitian ini berjumlah 292 siswa dan sampel yang diambil sebesar 158 siswa yang berpedoman pada tabel penentuan sampel isac michel. Instrumen yang digunakan adalah angket dan analisis data menggunakan analisis regresi sederhana yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel e-learning sebagai media pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa. hasil dari penelitian ini yaitu : 1) E-learning sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VIII MTs Negeri 6 Nganjuk berdasarkan skor rata-rata (Mean) sebesar 55,06 dikategorikan tinggi. 2) Keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’aan Hadis kelas VIII MTs Negeri 6 Nganjuk pada kategori tinggi, berdasarkan skor rata-rata (Mean) yakni sebesar 38,96. 3) ada pengaruh e-learning sebagai media pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VIII di MTs Negeri 6 Nganjuk dengan Fhitung sebesar 31,547 yang lebih tinggi dibandingkan Ftabel sebesar 3,90. Atau dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih rendah dari alpha sebesar 0,05. Kemudian dari koefisien diterminasi didapat skor 0,168 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas ( e-learning sebagai media pembelajaran) terhadap variabel terikat (Keaktifan belajar siswa) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VIII di MTs Negeri 6 Nganjuk sebesar 16,8 %. Hal ini mengandung pengertian bahwa e-learning sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VIII di MTs Negeri 6 Nganjuk.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:33
Last Modified: 27 Jun 2022 01:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4808

Actions (login required)

View Item View Item