Putri, Kurnia Mareta (2021) Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Di MTsN 5 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932119417_prabab.pdf Download (544kB) |
|
Text
932119417_bab1.pdf Download (254kB) |
|
Text
932119417_bab2.pdf Download (208kB) |
|
Text
932119417_bab3.pdf Download (172kB) |
|
Text
932119417_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
|
Text
932119417_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Text
932119417_bab6.pdf Download (168kB) |
|
Text
932119417_daftarpustaka.pdf Download (164kB) |
|
Text
932119417_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
Abstract
ABSTRAK KURNIA MARETA PUTRI. Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di MTsN 5 Kediri, Skripsi, Prodi Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. H. Syamsul Huda, M. Ag dan (2) Mukhammad Luqman Hakim, M.Pd Kata Kunci : Alat Bantu Total Quality Management, Karakter Disiplin Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kedisiplinan peserta didik yang tinggi di MTsN 5 Kediri yang ditandai dengan peserta didik selalu datang tepat waktu. Strategi dalam membentuk karakter disiplin, madrasah tersebut melakukan penerapan Total Quality Management. Total Quality Management (TQM) adalah suatu pendekatan manajemen untuk meningkatkan mutu pendidikan, dengan melakukan berbagai upaya secara terus-menerus atas jasa, manusia, produk, dan lingkungan sehingga memenuhi harapan pelanggan. Fokus penelitian ini adalah 1) penggunaan alat bantu 2) bentuk penerapan Total Quality Management (TQM) dalam membentuk karakter disiplin peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alat bantu TQM dan mengekplorasi penerapan TQM dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di MTsN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode kualitatif studi kasus, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dengan analisis data 1) Reduksi data 2) Penyajian Data 3) Dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data hasil penelitian menggunakan teknik 1) Perpanjangan pengamatan 2) Triangulasi sumber. Sedangkan tahap-tahap penelitian ini melalui tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penggunaan alat bantu TQM di MTsN 5 Kediri menggunakan alat analisis SWOT sehingga melihat kekuatan (visimisi, SDM, sarpras, program madrasah, manajemen pengelolaan belajar mengajar, dan kerja sama), kelemahan (Kurangnya guru B.Indonesia dan BK, kurangnya ruang kelas, program madrasah saat ini belum bisa terlaksana, karakter peserta didik tidak bisa diawasi secara langsung), peluang (Tingginya partisipasi wali murid, masyarakat dan pemerintah dalam membentuk karakter disiplin), dan ancaman (munculnya madrasah dengan program yang menjanjikan, pengaruh negatif lingkungan peserta didik, dan kurangnya kesadaran peserta didik terhadap peraturan madrasah. 2) Bentuk penerapan TQM dalam membentuk karakter disiplin peserta didik dengan cara melakukan perbaikan karakter disiplin secara terus-menerus, menetapkan standart mutu karakter disiplin, menciptakan budaya madrasah, melakukan perubahan organisasi madrasah dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 07:00 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 07:00 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4791 |
Actions (login required)
View Item |