Relevansi Nilai Pendidikan Moral Dalam Lakon Wayang Gandamana Luweng Sanggitan Ki Seno Nugroho Dengan Pendidikan Agama Islam

Roziqin, Fathur (2021) Relevansi Nilai Pendidikan Moral Dalam Lakon Wayang Gandamana Luweng Sanggitan Ki Seno Nugroho Dengan Pendidikan Agama Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117217_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932117217_bab1.pdf

Download (595kB)
[img] Text
932117217_bab2.pdf

Download (576kB)
[img] Text
932117217_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932117217_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)
[img] Text
932117217_bab5.pdf

Download (119kB)
[img] Text
932117217_daftarpustaka.pdf

Download (403kB)
[img] Text
932117217_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

ABSTRAK FATHUR ROZIQIN, 2021. Dosen Pembimbing Dr. Muhammad Yasin, M.Pd dan M. Nabil Khasbullah, M.Pd.I : Relevansi Nilai Pendidikan Moral dalam Lakon Wayang Gandamana Luweng Sanggitan Ki Seno Nugroho dengan Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Kata Kunci : Relevansi, Nilai Moral, Gandamana Luweng, Pendidikan Agama Islam Pendidikan adalah suatu sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Maraknya perilaku menyimpang di kalangan kawula muda menunjukkan telah terjadi degradasi nilai moral di kalangan pemuda Indonesia. Metode pendidikan moral yang diajarkan oleh para leluhur salah satunya adalah pagelaran wayang kulit. Wayang adalah salah satu warisan bangsa Indonesia yang sarat akan nilai pendidikan luhur dengan diperankannya berbagai macam perangai manusia. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah lakon wayang Gandamana Luweng sanggitan Ki Seno Nugroho? Apa saja nilai-nilai pendidikan moral yang terkandung dalam lakon wayang Gandamana Luweng sanggitan Ki Seno Nugroho? Dan bagaimana relevansi nilai pendidikan moral dalam lakon wayang Gandamana Luweng sanggitan Ki Seno Nugroho dengan pendidikan agama Islam? Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan jenis penelitian study kepustakaan (library research). Dalam proses pengumpulan data digunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisisnya, peneliti menggunakan metode content analysis, yaitu menganalisis isi dialog, alur, dan karakter berdasarkan nilai moral yang terkandung dalam lakon wayang Gandamana Luweng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, lakon wayang Gandamana Luweng adalah cerita tentang Patih Gandamana yang dicelakai oleh Harya Suman yang cemburu pada pangkat Gandamana. Lakon ini merupakan cerita pewayangan yang mengandung nilai-nilai pendidikan moral yang dapat dipetik dalam setiap adegannya dan dapat diimplementasikan serta memiliki relevansi dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan agama Islam. Kedua, terdapat nilai-nilai pendidikan moral dalam lakon wayang Gandamana Luweng sanggitan Ki Seno Nugroho yaitu nilai tawadhu’ dan ta’dhim, berhati-hati dalam bertindak, berbaik sangka, jujur, dan ikhlas. Ketiga, Relevansi nilai moral dalam lakon wayang Gandamana Luweng dengan pendidikan agama Islam yaitu nilai tawadhu’ dan ta’dhim dengan QS. An-Nahl (16): 49, nilai hati-hati bertindak dengan QS. ALHujurat (49): 6, nilai husnudhon dengan dengan QS. Al-Hujurat (49): 12, nilai jujur dengan QS. Al-An’am (6): 152, dan nilai ikhlas dengan QS. Al-A’raf (7): 29.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 22 Jun 2022 01:32
Last Modified: 22 Jun 2022 01:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4766

Actions (login required)

View Item View Item