Isnawati, Lilin (2021) Evaluasi Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Siswa Kelas XI IPS 1 Di MAN 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932115617_prabab.pdf Download (922kB) |
|
Text
932115617_bab1.pdf Download (124kB) |
|
Text
932115617_bab2.pdf Download (169kB) |
|
Text
932115617_bab3.pdf Download (159kB) |
|
Text
932115617_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
Text
932115617_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
|
Text
932115617_bab6.pdf Download (65kB) |
|
Text
932115617_daftarpustaka.pdf Download (139kB) |
|
Text
932115617_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
Abstract
ABSTRAK ISNAWATI, LILIN, 2021. Evaluasi Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Siswa Kelas XI IPS 1 Di MAN 2 Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Iskandar Tsani, M.Ag dan (2) Sufirmansyah, M.Pd.I. Kata Kunci: Evaluasi, E-learning, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana evaluasi reaction dalam penggunaan media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran SKI siswa kelas XI IPS 1 di MAN 2 Kediri. 2) Bagaimana evaluasi learning dalam penggunaan media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran SKI siswa kelas XI IPS 1 di MAN 2 Kediri. 3) Bagaimana evaluasi behavior dalam penggunaan media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran SKI siswa kelas XI IPS 1 di MAN 2 Kediri. 4) Bagaimana evaluasi result dalam penggunaan media pembelajaran elearning pada mata pelajaran SKI siswa kelas XI IPS 1 di MAN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian evaluasi model Kirkpatrik menggunakan teori dari Donald L. Kirkpatrick. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan google form. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen 1) evaluasi reaction, pendidik dan peserta didik sudah puas dalam menggunakan media pembelajaran elearning. Dikarenakan dalam media pembelajaran e-learning ini sudah terakomodir menjadi satu anata menu pendidik dan peserta didik. Misalnya, dalam melakukan absensi, mendownload bahan ajar dan mengerjakan latihan soal. 2) evaluasi learning, dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran elearning yaitu dilakukan dengan menggunakan acuan RPP, buku paket dan penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. Penilaian kompetensi peserta didik, dalam penilaian ini mengacu pada 4 aspek yaitu aspek spiritual, aspek sosial, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. 3) evaluasi behavior, dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran e-learning pendidik kesulitan dalam melakukan penilaian terhadap peserta didik. Penilaian dilakukan dengan cara ketika peserta didik mengerjakan tugas, kesopanan dan bahasa yang digunakan ketika berinteraksi. 4) evaluasi result, hasil dari penggunaan media pembelajaran e-learning pendidik dan peserta didik sudah puas. Hasil dari 4 aspek yaitu spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 02:44 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 02:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4762 |
Actions (login required)
View Item |