Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Ummi Di SMP Plus Rahmat Kota Kediri Pada Kelompok Alqur’an Kelas IX

Winartiningsih, Winartiningsih (2021) Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Ummi Di SMP Plus Rahmat Kota Kediri Pada Kelompok Alqur’an Kelas IX. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932115117_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932115117_bab1.pdf

Download (504kB)
[img] Text
932115117_bab2.pdf

Download (805kB)
[img] Text
932115117_bab3.pdf

Download (324kB)
[img] Text
932115117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
932115117_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
932115117_bab6.pdf

Download (289kB)
[img] Text
932115117_daftarpustaka.pdf

Download (410kB)

Abstract

ABSTRAK WINARTININGSIH, Dosen Pembimbing Drs. Moh. Rois MA, dan Ummiy Fauziyah Laili, M.Si: Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Ummi Di Smp Plus Rahmat Kota Kediri Pada Kelompok Al-Qur’an Kelas IX Kata Kunci: Upaya Sekolah, Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Ummi Saat ini banyak sekali sekolah yang hadir di tengah masyarakat yang sadar akan pentingnya Pendidikan Agama Islam sejak dini dengan mencintai Al-Qur’an dengan cara dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tājwid. Sekolah-sekolah ini memberikan kualitas kepada anak agar nantinya pada saat lulus dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar bahkan dapat memberikan manfaat kepada orang lain dengan melakukan pengajaran terhadap sesama umat Islam. Sehingga penelitian ini berfokus pada: 1) Bagaimanakah usaha sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an dengan menggunakan metode Ummi di SMP PLUS RAHMAT Kota Kediri Pada Kelompok Al-Qur’an Kelas IX. 2) Bagaimanakan cara guru melaksanakan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SMP PLUS RAHMAT Kota Kediri Pada Kelompok Al-Qur’an Kelas IX. 3) Bagaimanakah kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi di SMP PLUS RAHMAT Kota Kediri pada kelompok Al-Qur’an kelas IX. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun Pengecekan keabsahan data berupa perpanjangan waktu, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa. 1) Upaya sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi pada kelompok Al-Qur’an dilakukan dengan bagi pengajar metode Ummi hars bersertifikai, adanya pemantauan dari Ummi derah, adanya munaqosah. 2) Cara guru memberikan pembelajaran dengan menggunakan metode Ummi pada kelompok A-Qur’an meliputi peserta didik menyimak bacaan dari ustadzah, peserta didik membaca Al-Qur’an secara bersama-sama, peserta didik membaca Al-Qur’an secara bergantian. 3) Kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi pada kelompok Al-Qur’an adalah sinyal terputus-putus, anak tidak fokus dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:29
Last Modified: 21 Jun 2022 02:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4760

Actions (login required)

View Item View Item