Anharo, Zulfa (2021) Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar (Studi Kasus di SD Negeri Tamanan Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932114816_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932114816_bab1.pdf Download (269kB) |
|
Text
932114816_bab2.pdf Download (522kB) |
|
Text
932114816_bab3.pdf Download (200kB) |
|
Text
932114816_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
Text
932114816_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
Text
932114816_bab6.pdf Download (184kB) |
|
Text
932114816_daftarpustaka.pdf Download (329kB) |
|
Text
932114816_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK ANHARO, ZULFA, 2021. Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar (Studi Kasus di SD Negeri Tamanan Kota Kediri), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. H. Syamsul Huda, M.Ag. dan (2) Septiana Purwaningrum, M.Pd.I. Kata Kunci: problematika, pembelajaran jarak jauh, daring (Dalam Jaringan), PAI Fenomena saat ini menunjukkan bahwa pandemi yang terjadi di seluruh dunia belum berakhir. Hal ini sangat memberikan dampak yang signifikan kepada semua sektor terutama ekonomi, budaya, dan pendidikan. Berbagai upaya telah dilakukan demi memutus mata rantai korona. Sementara, pembelajaran jarak jauh diketahui sebagai bentuk upaya pemerintah untuk memutus mata rantai virus korona di kalangan pendidikan mulai jenjang yang paling rendah hingga tingkat perguruan tinggi. SD Negeri Tamanan merupakan sekolah dasar di kota pinggiran dan diketahui telah menerapkan kebijakan pemberlakuan pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk implementasi dan problematikanya atas pemberlakuan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Tamanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian yaitu di SD Negeri Tamanan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi pasif. Sedangkan untuk langkah analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk implementasi pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Tamanan yaitu dilaksanakan dengan cara daring (Dalam Jaringan), luring (Luar Jaringan) dan home visit. Metode absensi dan penugasan dilakukan dengan daring (Dalam Jaringan) dan luring (Luar Jaringan). Media yang sering digunakan yakni aplikasi WhatsApp, google formulir dan youtube. Penilaian menggunakan acuan penilaian diagnostik yang mencakup penilaian pada tugas, portofolio dan keterampilan. Adapun problematika yang terjadi pada saat Pembelajaran Jarak Jauh dengan cara daring (Dalam Jaringan), secara garis besar terletak pada perhatian orangtua dan ketersediaan sarana atau fasilitas pulsa dan handphone android. Sedangkan selama Pembelajaran Jarak Jauh dilaksanakan dengan cara luring (Luar Jaringan), maka hambatannya terletak pada tingkat kemandirian dan ketekunan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 02:21 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 02:21 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4758 |
Actions (login required)
View Item |