Hubungan Motivasi Diri Dan Intensitas Menghafal Qur’an Dengan Prestasi Menghafal Qur’an Pada Remaja Di Rumah Tahfiz Gemilang Indonesia Cabang Kediri

Anissyah, Nipa (2021) Hubungan Motivasi Diri Dan Intensitas Menghafal Qur’an Dengan Prestasi Menghafal Qur’an Pada Remaja Di Rumah Tahfiz Gemilang Indonesia Cabang Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932114117_prabab.pdf

Download (439kB)
[img] Text
932114117_bab1.pdf

Download (522kB)
[img] Text
932114117_bab2.pdf

Download (351kB)
[img] Text
932114117_bab3.pdf

Download (296kB)
[img] Text
932114117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
932114117_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
932114117_bab6.pdf

Download (42kB)
[img] Text
932114117_daftarpustaka.pdf

Download (243kB)
[img] Text
932114117_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nipa Anissyah, Dosen Pembimbing ibu Ummiy Fauziah Laili,M.Si dan ibu Novi Rosita Rahmawati M.P.d. Hubungan Motivasi Diri dan Intensitas Menghafal Qur’an Dengan Prestasi Menghafal Qur’an Pada Remaja di Rumah Tahfiz Gemilang Indonesia Cabang Kediri Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Remaja, Menghafal Qur`an, Hubungan. Di zaman modern saat ini kehidupan remaja jika dihubungkan dengan keputusan mereka untuk menjadi penghafal al-Qur’an, adalah keputusan yang luar biasa. Karena pada dasannya, masa remaja sebenamya merupakan masa perkembangan moral dan masa terjadinya kebangkitan spiritual yang ditandai dengan meningkatnya minat remaja pada agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional yang bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan secara simultan motivasi diri dan intensitas menghafal Qur`an dengan prestasi menghafal Qur`an pada remaja yang berada di Rumah Tahfiz Gemilang Ar-Royyan Kediri. Adanya motivasi dan intensitas atau seringnya menghafal yang baik akan menunjukkan prestasi yang baik dan gemilang. Jenis penelitian ini adalah deskkriptif asosiatif atau hubungan. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis korelasi person product moment dan korelasi koefisien ganda. Santri yang memiliki motivasi diri dan intensitas menghafal Qur`an yang baik maka dapat membantu santri tersebut meraih target hafalan yaitu prestasi menghafal Qur`an yang baik pula. Jadi, motivasi diri dan intensitas menghafal Qur`an santri merupakan hal penting yang harus dimiliki santri agar prestasi menghafal Qur`an yang diinginkan dapat tercapai. Hasil penelitian ini menunjukkan nila (R) sebesar 0,732. Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi dan intensitas menghafal Qur`an memiliki hubungan yang sangat kuat dengan prestasi menghafal Qur`an. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang berati terdapat hubungan secara simultan dan sangat kuat antara motivasi dan intensitas menghafal Qur`an dengan prestasi menghafal Qur`an santri di Rumah Tahfiz Gemilang Ar-Royyan Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Bina' al-Manhaj (Curriculum Design)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:34
Last Modified: 20 Jun 2022 03:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4749

Actions (login required)

View Item View Item