Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an Santri (Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri)

Arista, Dewi (2021) Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an Santri (Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932113117_prabab.pdf

Download (876kB)
[img] Text
932113117_bab1.pdf

Download (308kB)
[img] Text
932113117_bab2.pdf

Download (392kB)
[img] Text
932113117_bab3.pdf

Download (280kB)
[img] Text
932113117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
932113117_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
932113117_bab6.pdf

Download (177kB)
[img] Text
932113117_daftarpustaka.pdf

Download (173kB)
[img] Text
932113117_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK DEWI ARISTA. Dosen Pembimbing (1) Dr. Iskandar Tsani, M.Ag dan (2) Sufirmansyah M.Pd.I. Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an Santri (Ma’had AlAzhar MTsN 2 Kota Kediri), FTIK,Pendidikan Agama Islam,IAIN Kediri,2021 Kata kunci : Evaluasi, Tahfidzhul qur’an Tahfidzhul qur’an merupakan sarana untuk menjadikan anak-anak remaja menjadi penghafal Al-Qur’an, serta mampu memahami isi dan tajwid dari ayat-ayat Al-Qur’an, sebab masa usia remaja merupakan usia yang produktif untuk menghafal karena ingatan meraka masih kuat di sisi lain masa remaja merupakan masa untuk lebih mengenal agama sehingga diharapkan tahfiz Al-Qur’an mampu menjadi pedoman melangkah yang lebih baik dalam kehidupan dan keagamaannya. Skripsi ini bertujuan untuk: 1.( mengetahui bagaimana evaluasi context dalam pelaksanaan program tahfiz, 2.( mengetahui bagaimana evaluasi input dalam pelaksanaan program tahfiz, 3.) mengetahui bagaimana evaluasi process dalam pelaksanaan program tahfiz, 4.) mengetahui bagaimana evaluasi product dalam pelaksanaan program tahfiz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan wawancara dilakukan kepada ketua Ma’had, ustadz dan ustadzah yang menjadi pengurus program tahfiz di Ma’had Al-Azhar. Kegiatan observasi dilakukan untuk melihat bagaimana pelaksanaan program tahfiz di Ma’had Al-Azhar. Data dikumpulkan kemuadian di reduksi ditampilkan dan ditarik kesimpulan. Untuk mendapatkan data valid, data kemudian di analisis dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian imenunjukkan bahwa evaluasi tahfidzhul qur’an di Ma’had Al-Azhar sudah sangat baik ditinjau dari CIPP diantaranya yakni: 1) evaluasi context meliputi (tujuan adanya tahfidzhul qur’an, legislitas program, dukungan lingkungan), 2)evaluasi input meliputi (sumber daya manusia, kurikulum pembelajaran, perencanaan program tahfidzhul qur’an, sarana dan prasarana, sumber dana), 3) evaluasi process meliputi (pelaksanaan program tahfidzhul qur’an sebelum pandemi, pelaksanaan program tahfidzhul qur’an ketika pandemi, hambatan dalam pelaksanaan program tahfidz), 4) evaluasi product meliputi (perbandingan pencapaian santri di kelas 7,8,dan 9, pencapaian setoran santri sebelum dan sesudah di program tahfidz). Pengambilan data didapatkan dari hasil pencapaian kartu santri kelas 7,8,dan 9 disini ada perkembangan secara bertahap dikelas 7 rata-rata masih mengahafal juz ama dan mulai mendapatkan 1 juz, untuk kelas 8 rata-rata pencapaian tahfidznya sudah mendapatkan 2 sampai 3 juz, dan kelas 9 rata-rata mendapatkan 4 sampai 5 juz.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:28
Last Modified: 20 Jun 2022 03:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4747

Actions (login required)

View Item View Item