Ni'matunnisa', Rizka (2021) Efektivitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Kelas X Titl 3 SMK Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932112717_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932112717_bab1.pdf Download (206kB) |
|
Text
932112717_bab2.pdf Download (198kB) |
|
Text
932112717_bab3.pdf Download (324kB) |
|
Text
932112717_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
Text
932112717_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
|
Text
932112717_bab6.pdf Download (111kB) |
|
Text
932112717_daftarpustaka.pdf Download (185kB) |
|
Text
932112717_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK RIZKA NI'MATUNNISA', Dosen Pembimbing Ninik Zuroidah, M.Si, dan Eka Sulistyawati M.Pd. Efektivitas Penggunaan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Kelas X TITL 3 SMK Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2021 Kata Kunci : Efektivitas Media, YouTube, Minat Belajar, PAI Selain menunjang kelancaran proses belajar mengajar, media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan minat belajar. Penelitian ini dimaksud untuk mengetahui tingkat minat belajar sebelum menggunakan media YouTube, mengetahui minat belajar sesudah menggunakan media YouTubedan keefektifanpenggunaan media YouTube untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan wawancara untuk mengukur minat belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah 482 siswa kelas X SMK Al Huda Kota Kediri, yang terbagi menjadi sebelas kelas. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 siswa kelas X TITL 3. Pengambilan sampel menggunakan purposive sample yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sebelum diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran YouTube mempunyai nilai minat belajar terendah 53, nilai minat belajar tertinggi 71, ratarata sebesar 60,90, dan standar deviasi 4.460. yang berarti minat belajar siswa kategori rendah. sedangkan setelah diberi perlakuan menggunakan media pembelajaranYouTube mempunyai nilai minat belajar terendah 70, nilai minat belajar tertinggi 105, rata-rata sebesar 86,16 dan standar deviasi 8.283, yang berarti minat belajar siswa kategori tinggi . Hasil pengujian hipotesis menggunakan T-Test Paired Sampledengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25 diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima maka terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar PAI antara sebelum dan sesudah di berikan perlakuan menggunakan YouTube sebagai media pembelajaran. Maka disimpulkan bahwa penelitian ini mengungkapkan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran YouTubeefektif atau dapat mencapai target untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pokok bahasan Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Ilmu Pengetahuan kelas X TITL 3 SMK Al Huda Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 03:24 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 03:24 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4746 |
Actions (login required)
View Item |