Dampak Penggunaan Internet Dalam Pembelajaran PAI Daring Selama Pandemi Covid19 Pada Siswa Kelas IX-A Di SMPN 1 Ngadiluwih

Oktaviana, Santika (2021) Dampak Penggunaan Internet Dalam Pembelajaran PAI Daring Selama Pandemi Covid19 Pada Siswa Kelas IX-A Di SMPN 1 Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109717_prabab.pdf

Download (377kB)
[img] Text
932109717_bab1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
932109717_bab2.pdf

Download (270kB)
[img] Text
932109717_bab3.pdf

Download (250kB)
[img] Text
932109717_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
932109717_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
932109717_bab6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
932109717_daftarpustaka.pdf

Download (168kB)
[img] Text
932109717_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)

Abstract

ABSTRAK SANTIKA OKTAVIANA, Dosen Pembimbing Bapak Prof. Dr. Nur Ahid M.Ag dan Bapak Dr. H. Abd. Manan Zakaria MM: “Dampak Penggunaan Internet Dalam Pembelajaran PAI Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas IX-A Di SMPN 1 Ngadiluwih”. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata kunci: Dampak Penggunaan Internet, Pembelajaran Daring, PAI Pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus selalu menunjukkan kualitas dalam situasi apapun. Dengan adanya pembelajaran daring guru di tuntut untuk kreatif dan inovatif dalam memberikan metode pembelajaran. Platform penunjang pembelajaran daring yang biasa digunakan adalah whatsapp group, google classroom, zoom meeting, dll. Akses internet dijadikan sebagai alat untuk penunjang pembelajaran daring. Namun dibalik mudahnya pengaksesan tersebut tidak semuanya digunakan dengan baik dan semestinya. Dampak positif dan dampak negatif menjadi pengiring dari penggunaan internet tersebut. Akses jaringan yang tidak stabil di semua daerah juga menjadi hambatan dari terlaksananya pembelajaran daring. Fokus penelitian yang digunakan adalah (1) Penggunaan internet dalam pembelajaran daring PAI daring selama pandemi covid-19 pada siswa kelas IX-A di SMPN 1 Ngadiluwih. (2) pengelolaan internet dalam pembelajaran PAI daring selama pandemi covid-19 pada siswa kelas IX-A di SMPN 1 Ngadiluwih. (3) Dampak positif dan dampak negatif dari penggunaan internet dalam pembelajaran PAI daring selama pandemi covid-19 pada siswa kelas IX-A di SMPN 1 Ngadiluwih. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada guru PAI, perwakillan siswa kelas IX-A dan perwakilan Wali Murid dari siswa kelas IX-A. Observasi dan dokumentasi dilaksanakan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan dampak penggunaan internet dalam pembelajaran PAI daring. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Penggunaan internet dalam pembelajaran PAI daring dilaksanakan memalui beberapa platform pembelajaran online yang terdiri dari Whatsapp group, google clasroom, zoom meeting, google meeting. Dalam penggunaan pembelajaran daring menggunakan beberapa metode diantaranya adalah dengan metode resitasi, ceramah, demonstrasi,dll. (2) pengelolaan internet dalam pembelajaran PAI daring berusaha dilaksanakan secara maksimal karena mengelolaan yang tidak mudah serta cara pengaplikasian yang cukup rumit. (3) dampak positif dan negatif dari penggunaan internet untuk pembelajaran daring diantaranya adalah siswa menjadi mudaah dalam belajar serta dampak negatifnya adalah siswa sering kecanduan dengan internet.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:12
Last Modified: 17 Jun 2022 03:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4725

Actions (login required)

View Item View Item