Rahmawati, Tantri Dwi (2021) Problematika Pembelajaran Pai Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Banggle 2 Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932109217_prabab.pdf Download (180kB) |
|
Text
932109217_bab1.pdf Download (128kB) |
|
Text
932109217_bab2.pdf Download (176kB) |
|
Text
932109217_bab3.pdf Download (82kB) |
|
Text
932109217_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
Text
932109217_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
Text
932109217_bab6.pdf Download (20kB) |
|
Text
932109217_daftarpustaka.pdf Download (108kB) |
|
Text
932109217_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (917kB) |
Abstract
ABSTRAK TANTRI DWI RAHMAWATI, 2021. Problematika Pembelajaran PAI pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN Banggle 2 Ngadiluwih Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Dosen Pembimbing (1) Dr. Muhammad Yasin, M.Pd dan (2) Dr. Untung Khoruddin, M.Pd.I Kata Kunci : Problematika Pembelajaran, PAI, Pandemi Covid-19. Pada saat ini masyarakat di seluruh penjuru dunia sedang ditimpa musibah besar yaitu adanya virus Covid-19. Virus ini merupakan musibah yang memilukan bagi seluruh penduduk di muka bumi ini yang mampu mengubah semua aktifitas dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali pendidikan. Berkaitan dengan hal tersebut, Kemendikbud menyarankan untuk melakukan pembelajaran di rumah masing-masing atau secara daring. Proses pembelajaran PAI yang dilakukan dimasa pandemi Covid-19 mempunyai banyak permasalahan yang dihadapi oleh pendidik maupun peserta didik. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara daring merupakan suatu tantangan baru bagi guru dan peserta didik untuk tetap aktif dalam pembelajaran. Adapun fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana problematika pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19 di SDN Banggle 2 Ngadiluwih Kediri? dan 2) Bagaimana solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19 di SDN Banggle 2 Ngadiluwih Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam hal ini kehadiran peneliti sangat diperlukan untuk mendapatkan data yang valid. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Agar hasil penelitian berjalan dengan baik, maka analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Bahwa problematika dalam proses pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19 di SDN Banggle 2 yaitu pendidik kesulitan memaparkan materi dengan rinci, kurangnya kedisiplinan siswa, keterbatasan fasilitas dan penggunaan teknologi, peserta didik kurang memahami materi yang diajarkan, akses internet yang terbatas, kondisi ekonomi orang tua yang rendah, peserta didik merasa terbebani oleh tugas yang diberikan, serta siswa tidak memiliki handphone sendiri. 2) Bahwa solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19 di SDN Banggle 2 yaitu memberikan kuota internet sesuai dengan anjuran pemerintah, guru melakukan kunjungan ke rumah siswa sekali waktu untuk menyampaikan materi pelajaran, memotivasi peserta didik dan mempermudah tugas agar selalu semangat belajar, memberikan kelonggaran waktu untuk mengumpulkan tugas dan memberikan kursus tambahan di luar sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 02:06 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 02:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4713 |
Actions (login required)
View Item |