Sholihah, Milda Rohmatus (2021) Implementasi Metode Ummi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMP Negeri 8 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932108915_prabab.pdf Download (686kB) |
|
Text
932108915_bab1.pdf Download (281kB) |
|
Text
932108915_bab2.pdf Download (274kB) |
|
Text
932108915_bab3.pdf Download (171kB) |
|
Text
932108915_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
|
Text
932108915_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
Text
932108915_bab6.pdf Download (139kB) |
|
Text
932108915_daftarpustaka.pdf Download (176kB) |
|
Text
932108915_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK MILDA ROHMATUS SHOLIHAH, Dosen Pembimbing Dr. Hj. MU‟AWANAH, M.Pd. dan Dr. IWAN MARWAN, M.Hum. Implementasi Metode Ummi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa di SMP Negeri 8 Kediri. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Implementasi, Metode Ummi, Kemampuan membaca al-Qur‟an Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya kemampuan siswa dalam membaca al-Qur‟an dengan baik dan benar. Seseorang dikatakan mampu membaca al-Qur‟an dengan baik dan benar apabila mampu membaca alQur‟an dengan tepat sesuai dengan kaidah tajwid dan tartil. Hal demikian agar tidak terjadi kesalahan arti dari ayat-ayat al-Qur‟an tersebut. Menyadari pentingnya membaca al-Qur‟an dengan baik dan benar, maka munculah berbagai metode belajar membaca al-Qur‟an, salah satunya yaitu metode ummi. Metode ummi adalah suatu pembelajaran cara membaca al-Qur‟an yang proses pembelajarannya didesain mudah, menyenangkan, dan menyentuh hati. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode ummi di SMP Negeri 8 Kediri? 2) Bagaimana implikasi penerapan metode ummi untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an siswa di SMP Negeri 8 Kediri? 3) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pembelajaran metode ummi di SMP Negeri 8 Kediri? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah SMP Negeri 8 Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi terkait fokus penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjang pengamatan, triangulasi sumber dan teknik, dan member check. Hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini yaitu: 1) Penerapan metode ummi di SMP Negeri 8 Kediri terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Implikasi penerapan metode ummi untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an siswa di SMP Negeri 8 Kediri yaitu berimplikasi pada aspek fashohah, tajwid, taltil, dan ghorib. 3) faktor pendukung proses pembelajaran metode ummi di SMP Negeri 8 Kediri yaitu sarana dan prasarana yang nyaman, adanya buku panduan dan alat peraga,adanya dukungan dari pihak sekolah, evaluasi terkontrol, motivasi siswa dan guru metode ummi sudah mendapat sertifikasi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu individu siswa yang kurang minat dan motivasi mengikuti pembelajaran metode ummi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 01:48 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 01:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4710 |
Actions (login required)
View Item |