Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 5 SDI Plus Al-Falah Kecamatan Pesantren Kota Kediri

Muyassaroh, Arfiani Dewi Arum (2020) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 5 SDI Plus Al-Falah Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108216_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932108216_bab1.pdf

Download (252kB)
[img] Text
932108216_bab2.pdf

Download (245kB)
[img] Text
932108216_bab3.pdf

Download (110kB)
[img] Text
932108216_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
932108216_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
932108216_bab6.pdf

Download (25kB)
[img] Text
932108216_daftarpustaka.pdf

Download (156kB)
[img] Text
932108216_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Arfiani Dewi Arum Muyassaroh, Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 5 di SD Islam Plus Al-Falah Kecamatan Pesantren Kota Kediri, Skripsi. Kata Kunci : Upaya Guru, Pendidikan Agama Islam, dan Psikomotorik. Guru merupakan faktor terpenting dalam kegiatan mata pelajaran, maka seorang guru harus mampu menjadi teladan bagi anak didiknya. Dalam kegiatan mata pelajaran terdapat fenomena yang terjadi bahwa banyak anak yang dapat memahami dan mampu dalam ranah kognitif saja, namun tidak menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu seorang guru perlu untuk memaksimalkan proses mata pelajaran melalui aspek psikomotorik.Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui upaya guru dalam perencanaan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 2) Untuk mengetahui upaya guru dalam pelaksanaan pembelajaran psikomotorik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Untuk mengetahui upaya guru dalam evaluasi pembelajaran psikomotorik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (flied reserch) yang bersifat kualitatif. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yakni menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Perencanaan kompetensi Psikomotorik mata pelajaran PAI yaitu perencanaan secara tehnis terhadap sistem, membuat jadwal pelaksanaan, mempersiapkan sarana prasarana, melakukan koordinasi dengan TIM KKG Kecamatan. 2) Dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran di SD Islam Plus Al-Falah diadakan rolling tempat duduk seminggu sekali, mengajarkan keteladanan, pembiasaaan baik, serta metode demonstrasi pada materi tertentu 3) Hasil evaluasi kompetensi psikomotorik mata pelajaran PAI menunjukkan bahwa di SD Islam Plus AlFalah dalam penekanan psikomotoriknya melalui penerapan materi pada kehidupan sehari-hari, dimana orang tua sebagai evaluator peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:43
Last Modified: 16 Jun 2022 01:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4708

Actions (login required)

View Item View Item