Rahmawati, Fauza Eva (2021) Pengaruh Minat Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Ma Al-Manar Prambon Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932107817_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932107817_bab1.pdf Download (258kB) |
|
Text
932107817_bab2.pdf Download (330kB) |
|
Text
932107817_bab3.pdf Download (392kB) |
|
Text
932107817_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
Text
932107817_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
Text
932107817_bab6.pdf Download (293kB) |
|
Text
932107817_daftarpustaka.pdf Download (174kB) |
|
Text
932107817_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Fauza Eva Rahmasari, Dosen Pembimbing Anis Humaidi, M.Ag dan Mohammad Asy’ari, M.H.I: Pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Manar Prambon Nganjuk, Skripsi, Program Studi Pendidikan, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Minat Belajar, Disiplin Belajar dan Prestasi Belajar Tingkat prestasi di MA Al-Manar Prambon dapat dikatakan memiliki prestasi belajar tinggi dengan persentase sebesar 50% maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Minat belajar dan disiplin belajar siswa kelas X pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Al-Manar Prambon Nganjuk, 2) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa, 3) Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa, 4) Pengaruh minat belajar dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Al-Manar Prambon Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi, dengan populasi adalah siswa kelas X MA AlManar Prambon Nganjuk dengan sampel penelitian 82 siswa yang tersebar dalam 4 kelas. Menggunakan teknik random sampling dalam pengambilan sampel dan pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasional dengan menggunakan jenis regresi linier berganda. Hasil penelitian kuantitatif ini mengungkapkan bahwa 1) terdapat pengaruh pada tingkat minat dan disiplin belajar yang cukup di MA Al-Manar Prambon pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X dengan persentase kontribusi 23,3%. 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar dengan hasil kontribusi sebesar 23,2%. 3) tidak terdapat pengaruh antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa, dengan menunjukkan hasil 10,1% karena rendahnya tingkat pengaruh dari hasil uji analisis yang dilakukan maka disiplin belajar tidak dikatakan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar akidah akhlak. 4) adanya pengaruh yang cukup signifikan antara minat belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Al-Manar Prambon Nganjuk dengan kontribusi nilai 23,2% dalam kategori cukup dengan koefisisen korelasi sebesar 0,842.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 01:37 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 01:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4706 |
Actions (login required)
View Item |