Taufik, Muhammad Wildan (2021) Pendidikan Multiple Intelligences Di Pondok Modern Darul Ma’rifat Gontor 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932100214_prabab.pdf Download (397kB) |
|
Text
932100214_bab1.pdf Download (153kB) |
|
Text
932100214_bab2.pdf Download (177kB) |
|
Text
932100214_bab3.pdf Download (88kB) |
|
Text
932100214_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
|
Text
932100214_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
Text
932100214_bab6.pdf Download (143kB) |
|
Text
932100214_daftarpustaka.pdf Download (82kB) |
|
Text
932100214_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) |
Abstract
ABSTRAK MUHAMMAD WILDAN TAUFIK, Dosen Pembimbing Dr. IWAN MARWAN, M.Hum. dan M. ALIM KHOIRI, S.HI, M.Si : Pendidikan Multiple Intelligences di Pondok Modern Darul Ma‟rifat Gontor 3 Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Multiple Intelligences, Pondok Pesantren Modern Pesantren memiliki kekayaan visi kecerdasan sebagaimana yang digambarkan Gardner. Delapan kecerdasan tersebut telah memngiringi kelangsungan pembelajaran di pesantren sejak santri bangun dari tidur hingga tidur kembali, tak salah jika akhirnya pesantren menjadi panutan dalam menerapkan kecerdasan. Aspek-aspek kecerdasan dalam pandangan Howard Gardner diatas yaitu sembilan macam kecerdasan manusia yang meliputi verbal linguistik, logis matematis, musikal, visual spasial, jasmaniah kinestetik, intrapersonal, interpersonal, naturalis, secara sederhana telah lama di pelajari dan di terapkan di pesantren. Aspek-aspek kecerdasan tersebut telah lema menjadi kearifan local pesantren, dalam melestarikan nilai-nilai yang dijadikan pesantren sabagai format pendidikan yang tak mudah ditelan perubahan dan cercaan para pembaharu-pembaharu pendidikan, yang justru terkadang dipaksa harus belajar banyak kepada kesederhanaan pendidikan pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data di lakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan untuk memenuhi keabsahan data, maka peneliti menggunakan teknik perpanjangan data keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) kebijakan pendidikan multiple intelligences di Pondok Modern Darul Ma‟rifat Gontor 3 Kediri yaitu pondok pesantren tidak pernah membeda-bedakan santrinya dalam memberikan pendidikan, pendidikan dan pembelajaran dilakukan selama 24 jam, santri diberikan kebebasan dalam memilih kecerdasan yang ingin di kembangkan, pengawasan dan bimbingan kepada seluruh santri menurut kecerdasannya masingmasing. 2) implementasi pendidikan multiple intelligences di Pondok Modern Darul Ma‟rifat Gontor 3 Kediri yaitu melatih verbal linguistik pembagian kosa kata, logis matematis dengan pembelajaran farāiḍ, musikal dengan melantunkan ayat-ayat dengan merdu, visual spasial dengan cara membuat karya seni, jasmaniah kinestetik dengan berolah raga, intrapersonal dengan mendengarkan tausiyah, interpersonal dengan kegiatan public speaking, naturalis dengan mengikuti kegiatan pramuka.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 02:27 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 02:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4673 |
Actions (login required)
View Item |