Service Excellent Terhadap Produk Pembiayaan Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Ditinjau Dari Perspektif Manajemen Syariah (Studi Pada Koperasi Syariah Serba Usaha (KSSU) Harum Dhaha Kota Kediri)

Fitriana, Kurnia Nur (2022) Service Excellent Terhadap Produk Pembiayaan Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Ditinjau Dari Perspektif Manajemen Syariah (Studi Pada Koperasi Syariah Serba Usaha (KSSU) Harum Dhaha Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931411517_prabab.pdf

Download (4MB)
[img] Text
931411517_bab1.pdf

Download (270kB)
[img] Text
931411517_bab2.pdf

Download (369kB)
[img] Text
931411517_bab3.pdf

Download (73kB)
[img] Text
931411517_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
931411517_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
931411517_bab6.pdf

Download (60kB)
[img] Text
931411517_daftarpustaka.pdf

Download (184kB)

Abstract

ABSTRAK Kurnia Nur Fitriana, 2021. Service Excellent Produk Pembiayaan dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Ditinjau dari Prespektif Manajemen Syariah (Studi pada Koperasi Syariah Serba Usaha (KSSU) Harum Dhaha Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Sulistyowati, SHI., MEI dan (2) Ririn Tri Puspita Ningrum, M.S.I. Kata Kunci: Service Excellent, Produk Pembiayaan, Manajemen Syariah. Koperasi syariah adalah suatu lembaga keuangan non bank yang tujuan utamanya adalah mensejahterakan anggotanya dengan cara menerapkan prinsipprinsip Syariah di setiap transaksi dan kegiatan yang dilakukan. Begitu pula dengan Koperasi Syariah Serba Usaha (KSSU) Harum Dhaha Kota Kediri yang menawarkan produk simpanan dan produk pembiayaan kepada anggota. Anggota ikut andil dalam mencapai tujuan koperasi Syariah tersebut. Karena esensi dari anggota sendiri adalah harta (asset) yang harus dijaga keberadaannya. Service Excellent dilakukan oleh karyawan KSSU Harum Dhaha Kota Kediri demi menjaga kepuasan anggota. Dibandingkan dengan produk simpanan, produk yang banyak digunakan oleh anggota adalah produk pembiayaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk sumber data dalam penelitian ini adalah direktur, karyawan, dan anggota KSSU Harum Dhaha Kota Kediri. Kemudian untuk memeriksa keabsahan data yang sudah dianalisis menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan service excellent produk pembiayaan dalam meningkatkan kepuasan anggota di Koperasi Syariah Serba Usaha (KSSU) Harum Dhaha Kota Kediri adalah menggunakan pendekatan kekeluargaan dengan menerapkan 5 aspek kualitas pelayanan yang meliputi kehandalan (reability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empaty), produk-produk fisik (tangibles) dan aspek-aspek tersebut telah dijalankan dengan baik. Terbukti dengan adanya penambahan jumlah transaksi di produk pembiayaan khususnya produk murabahah dalam kurun waktu 2018 hingga 2020. Sedangkan service excellent produk pembiayaan dalam meningkatkan kepuasan anggota ditinjau dari prespektif manajemen Syariah di Koperasi Syariah Serba Usaha (KSSU) Harum Dhaha Kota Kediri adalah beberapa aspek sudah sesuai dengan manajemen Syariah seperti keadilan dalam memberikan pelayanan kepada anggota. Untuk yang belum sesuai dengan manajemen Syariah adalah aspek komunikatif, dimana masih terjadi kesalahpahaman mengenai perbedaan pencatatan tanggal pada kwitansi dan buku tabungan. Kemudian untuk aspek Amanah dan pertanggungjawaban, masih terjadi keterlambatan dalam pelayanan antar jemput simpanan dikarenakan kurangnya sumberdaya manusia (SDM).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150202 Financial Econometrics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Kurnia Nur Fitriana
Date Deposited: 07 Jun 2022 01:45
Last Modified: 07 Jun 2022 01:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4607

Actions (login required)

View Item View Item