Religiusitas Anak Remaja di Desa Klurahan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk

Mustofa, Muhammad Arif (2021) Religiusitas Anak Remaja di Desa Klurahan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933702017_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
933702017_bab1.pdf

Download (475kB)
[img] Text
933702017_bab2.pdf

Download (538kB)
[img] Text
933702017_bab3.pdf

Download (414kB)
[img] Text (Paparan data terkait Religiusitas anak remaja di Desa Klurahan)
933702017_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text (Pembahasan terkait Religiusitas anak remaja di Desa Klurahan)
933702017_bab5.pdf

Download (403kB)
[img] Text
933702017_bab6.pdf

Download (406kB)
[img] Text
933702017_daftarpustaka.pdf

Download (306kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD ARIF MUSTOFA, Dosen Pembimbing Dr. Sardjuningsih, M.Ag dan Muhammad Zuhdi. S.Pd. M.Si, Religiusitas Anak Remaja di Desa Klurahan Kec. Ngrronggot Kab. Nganjuk. Skripsi, Program Studi Sosiologi Agama, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Anak Remaja, Keberagamaan Masa remaja merupakan masa dimana perkembangan sikap tergantung (dependence) orang tua yang mengarahkan kemandirian (independence), minat-minat seksual, perenungan diri, dan perhatian terhadap nilai-nilai estetika dan isu-isu moral. Hal ini, mempengaruhi tingkat religiusitas anak remaja di Kabupaten Nganjuk, sehingga menjadikan pola keberagamaan mereka selalu berubah-ubah. Fokus pada penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pola keberagamaan anak remaja di Kabupaten Nganjuk, 2). Bagaimana arah kecenderungan keberagamaan anak remaja di Kabupaten Nganjuk. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan empat jalur yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan keteekunan pengamatan dan triangulasi. Dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa pola keberagamaan dan arah kecenderungan anak remaja di Desa Klurahan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk dapat dikatakan bahwa mayoritas dari para anak remaja mengikuti sistem pendidikan moderatisme dengan melihat seluruh indicator keberagamaan anak remaja yaitu dimensi ritual, dimensi ideologi, dimensi intelektual, dimensi pengalaman, dan dimensi konsekuansi bahwa keberagamaan anak remaja dalam kehidupannya sehari-hari tidak pernah lupa untuk menerapkan ajaran-ajaran keagamaan secara tekstualis maupun kontekstualis yang mereka dapatkan dari mengikuti kajian keagamaan dan memahami kitab-kitab suci, serta pengalaman mereka dalam kehidupan sehari-hari yang diniatkan untuk beribadah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: Muhammad Arif Mustofa
Date Deposited: 03 Jun 2022 06:38
Last Modified: 03 Jun 2022 06:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4580

Actions (login required)

View Item View Item