Wati, Eka Aulia (2021) Analisis Transformasi Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Di Era Teknologi Dalam Perspektif Ekonomi Digital (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Cabang Utama Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931312116_prabab.pdf Download (478kB) |
|
Text
931312116_bab1.pdf Download (313kB) |
|
Text
931312116_bab2.pdf Download (375kB) |
|
Text
931312116_bab3.pdf Download (258kB) |
|
Text
931312116_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
Text
931312116_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
|
Text
931312116_bab6.pdf Download (91kB) |
|
Text
931312116_daftapustaka.pdf Download (225kB) |
|
Text
931312116_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
Abstract
ABSTRAK Eka Aulia Wati, Dosen Pembimbing Rofik Efendi, S.Kom., MM. dan Moch. Zainudin, M.E.I : Analisis Transformasi Ditital Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan di Era Teknologi (Studi Kasus PT. Pos Indonesia Cabang Utama Kediri), Ekonomi Syariah, IAIN Kediri, 2021 Kata Kunci: Transformasi, Digital, Pendapatan Transformasi merupakan perubahan atau pembaharuan yang digunakan untuk menggerakkan dan menumbuhkembangkan sesuatu melalui proses pembaharuan guna memenuhi keinginan konsumen. Ketatnya persaingan pasar di era teknologi informasi digital menjadikan PT. Pos Indonesia kini berubah menjadi teman bagi masyarakat kalangan bawah yang menjalankan bisnis online. Dilakukannya transformasi bertujuan untuk memaksimalkan meningkatkan pendapatan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Kota Kediri 64100. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Penulis menggunakan beberapa hal untuk bisa memperoleh data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Untuk mengadalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan faktual, serta analisanya dilakukan dengan tiga jalur yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kemudian untuk memeriksa keabsahan data yang sudah dianalisis menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajekan pengamatan, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat dalam memenuhi kebutuhan tidak terlepas dari yang namanya teknologi, hal ini menjadikan teknologi sangat berpengaruh tehadap pola hidup masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan. Perubahan atau transformasi digital yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia cabang utama Kediri dalam upaya meningkatkan pendapatan di era teknologi digital dalam perspektif ekonomi digital ialah dengan menjalin kerjasama dengan para pelaku bisnis online atau e-commerce baik melewati facebook, instagram, twitter, whatsap dan lain sebagainya. Tidak hanya itu PT. Pos Indonesia cabang utama Kediri juga memasuki marketplace dengan menyediakan layanan kurir bagi para pelaku bisnis yaitu diantaranya Zalora, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Matahari Mall, Blibli, Blanja, ACommerce dan Shopee. Terjadinya hubungan kerjasama dapat meningkatkan pendapatan PT. Pos Indonesia cabang utama Kediri, hal ini dapat dilihat dari data pendapatan tahun 2016 sampai tahun 2019. Dimana pada tahun 2016 sampai tahun 2019 pendapatan yang diterima PT. Pos Indonesia cabang utama kediri per tahun selalu mengalami kenaikan pendapatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 25 May 2022 03:14 |
Last Modified: | 25 May 2022 03:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4467 |
Actions (login required)
View Item |