Abshor, Moch. Ulil (2017) ﻣﺸﻜﻼت اﺳﺘﻴﻌﺎب اﻟﻤﺮاﺟﻊ اﻟﻌﺮﺑﻴﺔ ﻟﻄﻼب ﺷﻌﺒﺔ ﺗﺮﺑﻴﺔ اﻟﻠﻐﺔ اﻟﻌﺮﺑﻴﺔ ﺑﺎﻟﺠﺎﻣﻌﺔ اﻹﺳﻼﻣﻴﺔ اﻟﺤﻜﻮﻣﻴﺔ ﻛﺪﻳﺮي. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
HALAMAN JUDUL_daftar isi.pdf Download (395kB) |
|
Text
الباب الأول.pdf Download (100kB) |
|
Text
الباب الثاني.pdf Download (159kB) |
|
Text
الباب الثالث.pdf Download (79kB) |
|
Text
الباب الرابع.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
|
Text
الباب الخامس.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Text
الباب السادس.pdf Download (61kB) |
|
Text
daftar pustaka arab.pdf Download (61kB) |
|
Text
daftar pustaka indonesia.pdf Download (32kB) |
|
Text
BIOGRAFI PENULIS_sap NAHWU 11617.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
Abstract
problematika penguasaan literatur berbahasa arab mahasiswa prodi pendidikan bahasa arab (PBA) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri 2016-2017 -- “Buku adalah jendela dunia”. Buku adalah sumber informasi dan pengetahuan. Sebagai sumber informasi, buku memiliki kedudukan yang penting dalam dunia pendidikan. Pendidikan tanpa buku laksana manusia pincang. Melihat pentingnya literatur dalam dunia pendidikan, maka pelajar harus memahami dan menguasai literatur yang berhubungan dengan pelajarannya. Karena, jika mereka tidak memahami dan menguasai literatur yang ada maka akan sulit untuk memahami pelajaran, apalagi untuk mengembangkan pemikiran dan majinasi mereka. Tetapi kenyataannya, berdasarkan pengalaman selama belajar di STAIN Kediri, banyak dari mahasiswa PBA yang merasa kesulitan untuk membaca dan memahami literatur berbahasa arab. Banyak yang tidak mengetahui makna yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis melakukan penelitian untuk mengetahui (1) problematika penguasaan literatur berbahasa arab mahasiswa prodi pendidikan bahasa arab sekolah tinggi agama islam negeri kediri, (2) memberikan solusi untuk problem tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kwalitatif. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data melalui beberapa tahap yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) problematika penguasaan literatur berbahasa arab prodi PBA STAIN Kediri terbagi pada problem linguistik yaitu kosakata yang memiliki makna ganda dan menerjemah teks arab ke bahasa indonesia. Dan problematika non linguistik, yaitu kurangnya perbendaharaan mufrodat, kurang memahami kaidah bahasa arab, tidak adanya lingkungan yang mendukung, kurang membaca literatur bahasa arab, metode pembelajaran yang kurang membantu, dan kurangnya motivasi mahasiswa dalam belajar bahasa arab. (2) Solusi problematika tersebut juga terbagi menjadi dua, yaitu solusi yang berhubungan dengan kebahasaan yakni menghafal kosa kata dan mengembangkannya dengan mengetahui bentuk-bentuknya, memahami kaidah bahasa arab, latihan menerjemah dan membuka kamus. Solusi yang berhubungan dengan non kebahasaan latihan membaca buku bahasa arab, mengikuti les bahasa arab, mencari teman yang mendukung belajar, menumbuhkan diskusi, menumbuhkan motivasi mahasiswa dan memanfaatkan kemajuan teknologi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040904 'Ilmu al-Dalalah (Arabic Semantics); (Makna Bahasa Arab) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 18 Jun 2019 02:46 |
Last Modified: | 18 Jun 2019 02:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/444 |
Actions (login required)
View Item |