Alvian, Muhammad (2021) Konsep Pendidikan Anak Dalam Kitab Tarbiyat Al-Walad Dan Implikasi Pada Masa Modern. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92101619017_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
92101619017_bab1.pdf Download (637kB) |
|
Text
92101619017_bab2.pdf Download (622kB) |
|
Text
92101619017_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (842kB) |
|
Text
92101619017_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
|
Text
92101619017_bab5.pdf Download (405kB) |
|
Text
92101619017_daftarpustaka.pdf Download (518kB) |
|
Text
92101619017_suratpernyataan.pdf Download (410kB) |
Abstract
Setiap anak lahir ke dunia ini memiliki potensi. Potensi merupakan faktor turunan, ada yang tidak bisa diubah dan ada pula yang dapat dibentuk. Potensi yang tidak dapat diubah adalah potensi fisik yang berhubungan dengan bentuk tubuh, seperti mata, hidung, dan telinga, sedangkan yang bisa dibentuk adalah sifat dan juga karakter anak semasa usia dini. adapun cara mendidiknya ada berbagai versi sudut pandang. Adapun rumusan masalah yang diambil dalam Tesis ini adalah “1. Bagaimana isi dalam kitab Tarbῑyat al-Walad dalam mendidik anak usia dini?”. 2. Bagaimanakah implikasi kitab Tarbῑyat al-Walad pada pendidikan masa moderen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana isi dalam kitab Tarbῑyat al-Walad dalam mendidik anak usia dini. Dan Bagaimanakah implikasi kitab Tarbῑyat al-Walad pada pendidikan masa moderen. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan berupa sumber data primer dan sumber data skunder. Setelah itu, penelitian disajikan secara deskriptif analitik yakni suatu usaha mengumpulkan dan menyusunnya, kemudian diadakan analisis dan interpretasi terhadap data yang dimaksud. Mencermati statement di atas, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa Materi pendidikan yang diberikan kepada anak harus mengacu pada tujuan, konsep ilmu, fase perkembangan, berbagai sasaran tarbῑyah dan harus diberikan secara bertahap. Fase pendidikan yang paling penting dan menentukan masa depan anak Menurut KH. Aḥmad Yasin bin Asmunῑ adalah pendidikan semasa kecil, karena pada waktu itu anak masih suci, bersih dan akan sangat mudah menanamkan sesuatu pada diri mereka. Demi kelancaran dan keberhasilan proses pendidikan maka setiap orang tua harus memperhatikan masalah materi pelajaran yang disesuaikan dengan tingkatan perkembangan dan pemikirannya baik fisik atau psikisnya, serta memberikan perlakuan yang sesuai dengannya. Berdasarkan analisa perbandingan antara konsep pendidikan anak Menurut KH. Aḥmad Yasin bin Asmunῑ mengandung beberapa implikasi terhadap komponen-komponen pendidikan agama Islām Masa Modern, sebagai berikut diantaranya Meniscayakan desekularisasi makna pendidikan agama Masa Modern, mengembalikan makna pendidikan sebagaimana terkandung dalam istilah tarbῑyah, Ta’lῑm dan Ta’dῑb. Berimplikasi pada penegasan dan klarifikasi bahwa konsep fitrah dalam perspektif pendidikan Islām tidak identik dengan faham/teori Empirisme.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220402 Comparative Religious Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040301 Aqaid and Kalam (Aqaid dan Ilmu Kalam) > 2204030103 Scriptures (Kitab-Kitab Allah) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Alvian |
Date Deposited: | 23 May 2022 03:12 |
Last Modified: | 23 May 2022 03:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4436 |
Actions (login required)
View Item |