Safitri, Yunita Amalia (2021) Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Penguatan Pendidikan Agama Islam Di SD Plus Al-Harun Grogol Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92101519009_prabab.pdf Download (671kB) |
|
Text
92101519009_bab1.pdf Download (266kB) |
|
Text
92101519009_bab2.pdf Download (547kB) |
|
Text
92101519009_bab3.pdf Download (239kB) |
|
Text
92101519009_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
|
Text
92101519009_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
Text
92101519009_bab6.pdf Download (199kB) |
|
Text
92101519009_daftarpustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text
92101519009_suratpernyataan.pdf Download (216kB) |
Abstract
Yunita Amalia Safitri, 2021, Implementasi Kurikulum Muatan Lokal untuk Penguatan Pendidikan Agama Islam di SD Plus Al-Harun Grogol Kediri, Pembimbing Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag dan Dr. Muhammad Yasin, M.Pd. Kata Kunci: Kurikulum Muatan Lokal, Pendidikan Agama Islam Kurikulum muatan lokal adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar yang ditetapkan oleh lembaga sesuai dengan keadaan dan kebutuhan lembaga masing-masing. Fenomena yang terjadi pada generasi milineal sekarang karakter religiusnya menurun dikarenakan pengaruh bebasnya mengakses apapun di internet. Dengan adanya kurikulum muatan lokal dapat menguatkan karakter religius anak sehingga dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaannya kepada Allah swt. serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan kurikulum muatan lokal di SD Plus Al-Harun 2) Apa faktor penghambat pelaksanaan kurikulum muatan lokal di SD Plus Al-Harun. 3) Bagaimana solusi dari hambatan pelaksanaan kurikulum muatan lokal di SD Plus Al-Harun. 4) Bagaimana peran kurikulum muatan lokal dalam penguatan PAI di SD Plus Al-Harun. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun anallisis data melalui bebrapa tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan kurikulum muatan lokal meliputi persiapan, pelaksanaan pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran dan tindak lanjut. 2) faktor penghambat pelaksanaan kurikulum muatan lokal adalah problematika peserta didik, minimnya alokasi waktu dan penyampaian materi yang kurang lengkap. 3) solusi terhadap faktor penghambat adalah menjalin komunikasi dengan walisantri, penambahan jam pelajaran dan peningkatan kualitas guru muatan lokal. 4) peran kurikulum muatan lokal dalam penguat PAI adalah materi pelajaran dalam kurikulum muatan lokal (bahasa Arab dan Qur’an hadits) terintegrasi dengan materi PAI sehingga dapat menguatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI. Implikasi penerapan muatan lokal yang disesuaikan dengan kondisi nlai-nilai budaya masyarakat serta lingkungan yang religius. Memiliki dampak yang positif dalam penguatan materi pendidikan agama Islam dalam mencetak peserta didik yang memahami materi serta dapat menerapkan dalam kehisupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Amlia Safitri |
Date Deposited: | 23 May 2022 04:05 |
Last Modified: | 23 May 2022 04:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4368 |
Actions (login required)
View Item |