Amelia, Nurul Syahada (2021) Penanaman Nilai Kejujuran (Studi Kasus Di MAN 2 Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932112417_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932112417_bab1.pdf Download (333kB) |
|
Text
932112417_bab2.pdf Download (443kB) |
|
Text
932112417_bab3.pdf Download (413kB) |
|
Text
932112417_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
|
Text
932112417_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
Text
932112417_bab6.pdf Download (9kB) |
|
Text
932112417_daftarpustaka.pdf Download (393kB) |
|
Text
932112417_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932112417_suratpernyataan.pdf Download (198kB) |
Abstract
NURUL SYAHADA AMELIA, Dosen Pembimbing Drs. Irfan Burhani, M.Psi, dan Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I Penanaman Nilai Kejujuran (Studi Kasus di MAN 2 Kota Kediri) Kata Kunci:Tingkat Kejujuran, Metode Penanaman, Saat ini banyak sekali masyarakat yang mengeluhkan betapa menurunnya karakter peserta didik dan yang sangat terlihat ialah pada karakter kejujuran, semakin maraknya peserta didik yang melakukan kecurangan karena tingkat kejujuran yang rendah, hal ini membuat pihak sekolah memikirkan bagaimana mengatasi tingkat kejujuran yang rendah tersebut. Dalam realisasinya cukup sulit untuk melakukan penanaman nilai kejujuran terutama pada sekolah menengah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk mendeskripsikan 1.) tingkat kejujuran di MAN 2 Kota Kediri. 2.) Untuk mendeskripsikan metode penanaman nilai kejujuran di MAN 2 Kota Kediri. 3.) Untuk mendeskripsikan hambatan penanaman nilai kejujuran di MAN 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian studi kasus Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.Untuk analisis datadilakukan reduksi data, penyajian data kemudian dilakukan penarikan kesimpulan Adapun Pengecekan keabsahan data berupa perpanjangan waktu, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa 1.) Tingkat kejujuran peserta didik di MAN 2 Kota Kediri tergolong baik, ini terbukti dari hasil observasi peneliti serta hasil wawancara yang dilakukan yang diperkuat oleh dokumen dari guru bimbingan konseling terkait rekapitulasi pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. An minimnya pelaporan adanya peserta didik yang menyontek serta banyaknya pelaporan terkait penemuan barang. 2.) Metode penanaman nilai kejujuran yang dilakukan di MAN 2 Kota Kediri sebagaimana yang telah disebutkan bahwa MAN 2 Kota Kediri menggunakan beberapa metode penanaman diantaranya metode pengkondisian, metode keteladanan, an metode kegiatan ekstrakulikuler IMTAQ. 3.) Hambatan yang dialami pun cukup beragam, baik itu hambatan dari diri siswa sendiri ataupun keluarganya, hambatan dari keluarga diminimalisir dengan diberikannya pengertian secara berkala terkait pentingnya kejujuran, sedangkan dari lingkungan pertemanan dapat diselesaikan dengan adanya budaya jujur di madrasah dan untuk hambatan terbatasnya waktu yang ada untuk penanaman nilai kejujuran. Solusi yang diberikan ialah membuat materi pembelajaran menjadi lebih ringkas dan padat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nurul Syahada Amelia |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 05:00 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 05:00 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4335 |
Actions (login required)
View Item |