Sari, Dewi Mulia (2021) تحليل كالم اإلنشاء في سورة الزخرف وتنفيذه في تعليم البالغة (دراسة تداولية). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932500517_prabab.pdf Download (617kB) |
|
Text
932500517_bab1.pdf Download (855kB) |
|
Text
932500517_bab2.pdf Download (437kB) |
|
Text
932500517_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
|
Text
932500517_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
Text
932500517_bab5.pdf Download (270kB) |
|
Text
932500517_daftarpustaka.pdf Download (402kB) |
|
Text
932500517_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
Abstract
Kajian balaghah pada penelitian ini, menitikberatkan pada ilmu ma’ani berupa kalam insya’. Kalam insya’ secara bahasa artinya permulaan, sedangkan secara istilah adalah suatu susunan kalimat yang tidak mengandung kemungkinan benar dan dusta. Kalam insya’ dibagi menjadi 2 yaitu Kalam Insya’ Tholabi dan Kalam Insya’ Ghairu Tholabi. Kalam Insya’ Tholabi ialah menghendaki (mencari) terjadinya suatu perkara yang belum tercapai, pembagiannya yaitu : 1) Amar 2) Nahi 3) Nida 4) Tamanni 5) Istifham. Sedangkan Kalam Insya’ Ghairu Tholabi ialah kalimat yang tidak menghendaki makna yang diharapkan yang tidak bisa tercapai dalam waktu danya tuntutan, pembagiannya yaitu : 1) Kalimat yang mengandung pujian dan celaan 2) Kalimat sumpah 3) Kagum 4) Harapan 5) Beberapa akad (transaksi). Dalam kajian ilmu bahasa, proses pemahaman dan pemaknaan suatu wacana atau teks suci Al-Qur’an dengan mencermati konteks atau sosiohistoris disebut pragmatik. Berkaitan dengan hal tersebut, Al-Qur’an memiliki pemaknaan serta pemahaman yang senantiasa berubah sesuai dimensi waktu dan ruang manusia. Interaksi kebahasaan dalam AL-Qur’an menggunakan ragam kalimat diantaranya adalah ragam kalimat deklaratif (kalam khabari), perintah (amr), larangan (an-nahyu), dan pertanyaan (istifham). Peneliti membatasi kajian ilmu ma’ani berupa kalam insya dengan hanya mengambil Istifham dan Amar dalam kalam insya tholabi. Sehingga dalam penelitian ini peneliti akan mencari kandungan makna istifham dan amar yang terdapat dalam Al qur’an Surat Azzuhruf dengan pendekatan pragmatik serta hubungannya dengan pembelajaran Balaghah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dari analisis data dalam penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut : 1)Dalam surat azzuhruf ditemukan terdapat kalam insya’ tholabi berupa amar dalam 4 ayat, istifham dalam 16 ayat dan 1 ayat berupa amar dan istifham. 2) Dalam surat azzuhruf ditemukan terdapat faidah kalam insya’ tholabi berupa amar dalam 3 ayat yaitu sebagai bimbingan dan memberi karunia atau nikmat, tawaran dan do’a. Istifham dalam 16 ayat yaitu mengingkari, mencela, membuat mengerti dengan informasi, memperbanyak, mempertegas, mengancam, mencari informasi, membuat heran dan menafikan .Terdapat 1 ayat yang di dalamnya terdapat amar dan istifham yaitu memberi bimbingan 3) Hubungan kalam insya di surat azzuhruf dengan pembelajaran balaghah yaitu bersifat induktif dan menjelaskan pola pengajaran kalam insya’ tholabi oleh guru terhadap peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 02:26 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 02:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4291 |
Actions (login required)
View Item |