Rosyida, Alfiana (2021) Guru Pendidikan Agama Islam di Era Society 5.0. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932123716_prabab.pdf Download (582kB) |
|
Text
932123716_bab1.pdf Download (233kB) |
|
Text
932123716_bab2.pdf Download (200kB) |
|
Text
932123716_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
|
Text
932123716_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
Text
932123716_bab5.pdf Download (42kB) |
|
Text
932123716_daftarpustaka.pdf Download (179kB) |
|
Text
932123716_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
|
Text
932123716_suratpernyataan.pdf Download (394kB) |
Abstract
ROSYIDA, ALFIANA, 2021. Guru Pendidikan Agama Islam di Era Society 5.0, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. H. Syamsul Huda, M.Ag. dan (2) Drs. Abd. Manan Zakaria, MM. Kata Kunci: pembelajaran, era society, Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kini semakin menunjukkan kemajuan yang pesat. Hingga kini manusia telah sampai pada era sociaty 5.0 yang ditandai dengan semakin memusatnya peran teknologi dalam kehidupan umat manusia. Era society 5.0 berupaya menerobos tantangan era sebelumnya yakni era revolusi industri 4.0. Konsep society 5.0 memungkinkan manusia untuk mempergunakan ilmu pengetahuan berbasis modern untuk memberikan pelayanan bagi manusia. Sesuai dengan tujuan awal bahwa society 5.0 berupaya mewujudkan masyarakat yang begitu menikmati hidup dan merasakan kenyamanan. Revolusi industri memberikan perubahan bagi seluruh bidang kehidupan. Pendidikan Indonesia pun terkena pengaruh kurikulum, model maupun metode pembelajaran, Era industri mengubah cara belajar mengajar dalam suatu pembelajaran. Termasuk pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Kini guru PAI perlu mereformulasi pembelajaran yang memanfaatan teknologi dengan tetap menekankan pada aspek sumber daya manusia yakni agar manusia dapat mengantisipasi akibat munculnya era revolusi industri 4.0. Penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data-data yang bersumber dari perpustakaan meliputi buku, jurnal, dokumen, majalah, ensiklopedi dan makalah prosiding seminar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi era society 5.0 yakni meliputi penyusunan rencana pembelajaran dengan mempersiapkan bahan ajar, media, instrumen, sarana serta perangkat pembelajaran. Serta melakukan pertimbangan dalam memilih pembelajaran yang tepat (2) Dalam pelaksanaannya, salah satu metode yang guru PAI terapkan yaitu metode Hybrid Learning, dimana terdapat kendala seperti kompetensi guru yang kurang dalam memanfaatkan teknologi digital (3) Dan untuk dijadikan evaluasi bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era society 5.0 dalam aspek literasi digital, kompetensi guru masih perlu untuk dilakukan peningkatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Alfiana Rosyida |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 02:56 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 02:57 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4251 |
Actions (login required)
View Item |